VIDEO Para Pemuda di Indramayu Ini Sulap Limbah Organik jadi Media Pakan Budidaya Maggot BSF

Para pemuda di Kabupaten Indramayu ini menyulap limbah organik yang biasa dijadikan sampah rumah tangga

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Para pemuda di Kabupaten Indramayu ini menyulap limbah organik yang biasa dijadikan sampah rumah tangga menjadi media pakan budidaya maggot Black Soldier Fly (BSF).

Maggot BSF sendiri diketahui merupakan larva dari jenis lalat besar berwarna hitam yang banyak ditemukan di tempat-tempat yang terdapat sampah organik.

Atau dengan kata lain, maggot BSF adalah bentuk dari siklus pertama (larva) Black Soldier Fly yang nantinya bermetamorfosa menjadi lalat dewasa.

Berkat usaha tersebut Kelompok pemuda yang mengatasnamakan Pemuda Elfarouk Desa Lombang Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu itu bahkan bisa menghasilkan penghasilan hingga jutaan rupiah.

Arus Balik Wisatawan dari Sejumlah Pantai di Palabuhanratu Bikin Macet hingga 10 Kilometer

Ketua Kelompok Pemuda Elfarouk, Yayat mengatakan, usaha tersebut ditekuni para pemuda desa setempat karena banyaknya limbah organik seperti sayuran, buah-buahan, hingga limbah perikanan yang mencemari lingkungan.

"Limbah ini padahal bisa dimanfaatkan dan bisa menghasilkan rupiah," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Minggu (28/6/2020).

Sebelum dijadikan media pakan maggot BSF, limbah organik ini, dijelaskan Yayat mesti dicacah terlebih dahulu.

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved