Evaluasi PSBB Tahap 5, Pemerintah Kota Cimahi Siap Menjalankan AKB

Usai PSBB tahap 5 dijalankan, Pemerintah Kota Cimahi akan mempersiapkan konsep Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB),

Istimewa
Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna memimpin rapat evaluasi terkait PSBB dan penerapan AKB di Kota Cimahi, Senin (29/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Mengikuti Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Cimahi telah selesai melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap kelima.

Usai PSBB tahap 5 dijalankan, Pemerintah Kota Cimahi akan mempersiapkan konsep Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), sesuai arahan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Perkembangan kasus Covid-19 di Kota Cimahi terus menunjukkan tren positif. Kita bisa lihat dari jumlah ODP dan PDP yang terus menurun bila dibandingkan dari awal periode PSBB dengan akhir masa PSBB ke-5. Meskipun jumlah kasus positif masih mengalami kenaikan (98 kasus per 26 Juni 2020), persentase penambahannya masih lebih rendah dari kasus penambahan pada awal pelaksanaan PSBB," kata Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna, Senin (29/6/2020).

Sekeluarga Gak Bisa Keluar Masuk Rumahnya Sendiri, Akses Jalan Tertutup Proyek Kereta Cepat

Ajay memaparkan, jumlah pasien sembuh dari Covid-19 terus bertambah di Kota Cimahi dan jumlah kasus kematian tidak mengalami penambahan dari periode sebelum PSBB yaitu 3 kasus.

Meskipun ada penerapan AKB, Pemerintah Kota Cimahi tetap mengantisipasi berbagai hal yang dapat menimbulkan kerawanan baru dalam upaya penanggulangan Covid-19.

Hal yang utama dilakukan ialah, fungsi Pembinaan Wilayah (Binwil) yang akan terus dioptimalkan untuk melakukan sosialisasi dan edukasi di berbagai pusat perbelanjaan dan pelayanan yang sering memicu kerumunan massa.

"Jika ditemukan kasus positif baru di suatu wilayah, maka akan ditindaklanjuti menggunakan penerapan karantina terbatas melalui Pembatasan Sosial Berskala Menengah (PSBM)," katanya.

Kabar Gembira iPhone 12 Series Dibanderol Murah, Harga Terendah Rp 7,8 Jutaan Varian 5,4 Inci 4G

Ajay menegaskan, ada hal yang akan mendapat perhatian khusus yaitu menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H.

Pada hari raya tersebut, akan bermunculan para pedagang musiman yang menjual hewan ternak di pinggir jalan. Hal tersebut akan diantisipasi agar tidak mengganggu ketertiban.

Halaman
12
Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved