Emil Tak Ingin Kota Sukabumi Kecolongan Saat Buka Sekolah Lagi, Menjadi Satu-satunya Zona Hijau

Ridwan Kamil mengatakan Kota Sukabumi masuk dan menjadi satu-satunya zona hijau (level 1) dalam leveling kewaspadaan Covid-19 oleh Gugus Tugas Jabar.

Istimewa
Ridwan Kamil bagi-bagi masker di Pasar Cisarua Bogor 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan Kota Sukabumi masuk dan menjadi satu-satunya zona hijau (level 1) dalam leveling kewaspadaan Covid-19 oleh Gugus Tugas Jabar.

"Terima kasih untuk wali kota, gugus tugas, forkopimda, dan masyarakat Kota Sukabumi yang berhasil meningkatkan semua indeks sehingga menjadi wilayah pertama (di Jabar) yang menjadi zona hijau versi penilaian gugus tugas kami (Jabar)," kata Ridwan Kamil saat konferensi pers di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (29/6/2020).

Adapun Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar menentukan level kewaspadaan masing-masing daerah melalui kajian ilmiah berdasarkan sembilan indeks, di antaranya laju ODP, PDP, risiko geografis, dan angka reproduksi efektif (Rt) Covid-19.

Di zona hijau, artinya semua kegiatan perekonomian boleh dibuka 100 persen, termasuk kegiatan di sekolah secara fisik.

Emil, sapaan Ridwan Kamil, pun mengizinkan Pemerintah Kota Sukabumi untuk menyiapkan protokol kesehatan di sekolah dan mensimulasikan bersama gugus tugas.

"Kami izinkan Kota Sukabumi untuk persiapan protokol sekolah karena sesuai aturan kalau sudah zona hijau diperbolehkan melakukan persiapan untuk sekolah fisik dengan protokol yang sangat ketat," ujar Emil.

Meski begitu, dia mengingatkan bahwa anak-anak merupakan aset paling berharga dalam kehidupan, terutama saat pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kota Sukabumi betul-betul harus menyiapkan protokol ketat demi melindungi anak ketika sekolah.

"Momen penting di pandemi Covid-19, yaitu kita menyadari ternyata aset penting kemanusiaan adalah keluarga dan anak-anak," katanya.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Sugiri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved