Breaking News:

Aplikasi Menu Bandung Segera Dirilis BEEC, Demi Berdayakan UMKM

Bandung Economic Empowerment Center ( BEEC) turut bergerak untuk menyelamatkan para pelaku usaha, khususnya di bidang kuliner Kota Bandung.

Tribun Jabar/Kemal Setia Permana
Seorang chef penguji sedang mencoba salah satu menu makanan dari salah satu UMKM dalam kurasi anggota Lumbung Bandung di kafe kawasan Jalan Ambon, Senin (29/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pandemi Covid-19 telah turut memporak-porandakan bisnis di kalangan usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM).

Tak sedikit dari para pelaku yang terpaksa gulung tikar karena meredupnya pasar jual-beli di masa pandemi.

Hal ini membuat pihak Bandung Economic Empowerment Center ( BEEC) turut bergerak untuk menyelamatkan para pelaku usaha, khususnya di bidang kuliner Kota Bandung. Hal ini direalisasikan melalui kegiatan Kurasi Peserta Lumbung Bandung yang anggotanya terdiri dari pengusaha dan pelaku UMKM Kota Bandung di Kafe Panas Dalam, Senin (29/6/2020).

Menurut Penggagas BEEC, Ujang Koswara alias Uko, kondisi dalam beberapa bulan terakhir membuat pelaku usaha UMKM kelimpungan.

Hadapi New Normal, Pelaku UMKM di Majalengka Diminta Migrasi ke Digital

Ketiadaan pembeli karena menurunnya kondisi perekonomian yang berpengaruh kepada melemahnya daya beli masyarakat membuat usaha UMKM pun mengalami penurunan.

"Bahkan ada yang yang sampai satu minggu jualan mereka tidak laku, tak satu pun pembeli datang," kata Ujang di sela acara.

Ujang mengatakan bahwa untuk membangkitkan kembali gairah ekosistem UMKM, khususnya menuju masa adaptasi baru, pihaknya membentuk komunitas UMKM melalui wadah bernama Lumbung Bandung.

Dari komunitas ini, pihaknya sudah berhasil mendapatkan anggota yang cukup banyak.

Para pelaku UMKM di bawah Lumbung Bandung ini nantinya akan mendapatkan order pemesanan yang diatur dalam aplikasi bernama Menu Bandung.

Titip Jual, Cara Ampuh RKB Telkom Bantu Penjualan UMKM Terdampak COVID-19

Halaman
12
Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved