Breaking News:

Jalur Afirmasi Selesai, Disdik Purwakarta Siap PPDB Jalur Prestasi dan Zonasi

Didi Garnadi mengungkapkan PPDB yang paling krusial ialah PPDB jalur prestasi juga zonasi.

istimewa
PPDB SMP di Kabupaten Bandung Barat 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) Purwakarta telah sukses menyelesaikan jalur afirmasi dan kini tengah mempersiapkan penerimaan melalui jalur prestasi dan zonasi.

Kepala Dinas Pendidikan melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Purwakarta, Didi Garnadi mengungkapkan PPDB yang paling krusial ialah PPDB jalur prestasi juga zonasi.

Rencananya jalur prestasi ini akan dilaksanakan pada 24 Juni sampai 26 Juni, jalur perpindahan tugas orangtua mulai 19 Juni sampai 23 Juni. Sedangkan jalur zonasi akan dilaksanakan pada 29 Juni sampai 3 Juli.

PSBB Proporsional di Kota Bandung, Anak-anak Boleh Main ke Mall

"Biasanya yang sering ditemukan saat pelaksanaan PPDB itu masalah koordinat yang tak muncul di sistem. Banyak operator yang mendaftarkan siswa secara kolektif di tempat yang sama sehingga itu jadi masalah. Kami imbau ketika mendaftar si wali kelas atau guru harus benar-benar datang ke rumah siswa itu," ujar Didi di ruangannya, Senin (22/6/2020).

Untuk jalur afirmasi, Didi menyebut memiliki porsi sebesar 15 persen dan prestasi 20 persen. Untuk jalur prestasi ini dihitungnya dengan akumulasi nilai rapor dan piagam penghargaan. Sedangkan 5 persen jalur perpindahan orangtua.

Hasil PPDB Kota Bandung Tahap Pertama Akan Diumumkan Pukul 18.00 WIB

"Kalau jalur zonasi sebesar 60 persen. Sejauh ini SMP yang banyak peminat di jalur afirmasi di wilayah kota yakni SMPN 3, SMPN 5, dan SMPN 7. Adanya kebijakan PPDB yang sekarang membuat pemerataan mutu kualitas sekolah sama," ujarnya.

Permasalahan lain yang sering ditemukan, kata Didi, ialah masalah validasi yang masih saja menunggu kelengkapan dari sekolah-sekolah, sehingga Didi meminta pihak SMP jangan menunggu kelengkapan jika sudah misal tiga anak ya langsung dikirimkan.

Pelajar SMAN 2 Cianjur Bikin 100 Judul Buku dalam 40 Hari

Sementara terkait titik koordinat memang terkendala lantaran sistem tak ingin adanya koordinat yang sama.

"Biasanya akurasi dari aplikasi untuk koordinat itu 10 meter," ujarnya.

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved