Breaking News:

Hujan Deras Bikin Banjir Naik Lagi di Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya

Banjir yang menggenangi empat kampung di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya

tribunjabar/firman suryaman
Banjir yang Menggenangi Empat Kampung di Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Sempat Naik Lagi Akibat Hujan Deras Turun Jumat Malam 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Banjir yang menggenangi empat kampung di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, kembali naik akibat hujan deras, Jumat (19/6/2020) malam.

Sejumlah warga yang ditemui di lokasi, Sabtu (20/6/2020) menuturkan, banjir yang terjadi Jumat subuh sempat surut sekitar 5 cm memasuki siang hari. Tapi malamnya naik hingga 15 cm akibat hujan deras.

"Saat ini surutnya juga agak lama. Biasanya siang seperti ini sudah mulai surut. Tapi ini hanya sedikit," kata Ginanjar (35), warga Kampung Bojongsoban.

Banjir yang melanda Kampung Bojongsoban, Hegarsari, Mekarsari dan Cinunjang ini, terjadi akibat meluapnya Sungai Citanduy dan Cikidang yang mengapit keempat kampung tersebut.

Setelah Satu Pasien Covid-19 Sembuh, Kini Tak Ada Lagi Pasien Positif Covid-19 di RSUD Majalengka

Banjir terjadi jika hujan deras mengguyur sejak sore hingga malam hari. Seperti banjiryang terjadi Jumat (19/6) pagi, akibat hujan deras yang mengguyur sejak Kamis (18/6) sore hingga malma hari.

"Jumat dini hari, air mulai masuk perkampungan dan paginya sudah menggenangi empat kampung. Malam harinya hingga Sabtu siang ini kembali baik akibat hujan turun Jumat malam," ujar Ginanjar.

Kepala Desa Tanjungsari, Amas, mengatakan, banjir kali ini terasa begitu lambat kembali surut. "Biasanya memasuki siang, ketinggian banjir terus surut. Tapi kali ini masih menggenang," katanya.

Akibatnya, sekitar 500 KK di keempat mampung itu masih terisolasi karena jalan masih tergenangi air hingga 60 cm. Mobil ranger polisi pun termasuk truk BPBD belum bisa melintas.

Menkes Terbitkan Protokol Kesehatan di Tempat Umum, Berikut Penjelasan Lengkapnya

"Namun stok kebutuhan sehari-hari warga masih belum krisis. Warga masih punya stok. Pihak BPBD juga mulai menyalurkan bantuan sembako," ujar Amas.

Jika sepanjang Sabtu hingga malam tidak turun hujan, tambah, Amas, bisa dipastikan banjir akan mulai surut. "Tapi cuaca masih belum bersahabat. Mudah-mudahan nanti malam tidak turun hujan," kata Amas

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved