Breaking News:

Covid-19 Menekan Indonesia Melakukan Percepatan Industri 4.0, Berbagai Inovasi Akhirnya Lahir

Pandemi Covid-19 kian mempercepat revolusi industri 4.0, terutama dalam hal digitalisasi berbagai aspek kehidupan

Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Ketua Umum IKA UPI, Enggartiasto Lukita 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pandemi Covid-19 kian mempercepat revolusi industri 4.0, terutama dalam hal digitalisasi berbagai aspek kehidupan, dari mulai sistem pendidikan, perekonomian, sampai ketenagakerjaan di Indonesia.

Kondisi ini pun harus diantisipasi sekaligus dimanfaatkan secara cermat oleh berbagai elemen masyarakat, terutama akademisi, dunia usaha, dan pemerintah, untuk menghindari dampak buruk pandemi sekaligus tetap memajukan berbagai bidang pembangunan.

Hal tersebut terkemuka dalam sebuah webinar bertajuk "Pendidikan Tinggi dan Iptek: Membangun Kemandirian dan Daya Saing Bangsa" yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (IKA UPI) Sabtu, (20/6).

Ketua Umum IKA UPI, Enggartiasto Lukita, mengatakan semua negara di dunia kini tengah berupaya mengatasi wabah di masing-masing negaranya, sekaligus mempertahankan keberlangsungan berbagai sektor kehidupan, dari mulai pendidikan sampai perekonomian.

Covid-19, Tim Velox BIN Sosialisasi Protokol Kesehatan dan Semprot Disinfektan di Kota di Sukabumi

"Di suatu kondisi, bagaimana kita awalnya menghadapi Revolusi Industri 4.0. Kemudian tanpa kita rencanakan, kita melakukan percepatan digitalisasi di semua aspek kehidupan sekarang ini," kata Enggar dalam kesempatan tersebut.

Enggar mencontohkan dalam dunia pendidikan saja, dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi, semuanya mau atau tidak mau menjalani kegiatan belajar mengajar atau kuliah melalui media digital, dari mulai televisi sampai internet.

"Walaupun catatannya, kita dari sisi keterjangkauan itu belum seluruhnya bisa menjangkau ke seluruh bagian dari negara. Tetapi ini kita sudah mulai, bahkan sampai dengan belanja, perdagangan, dan berbagai hal lainnya melalui digital," katanya.

Enggar mengatakan dirinya tidak hanya berbicara mengenai peran teknologi semata yang mengalami percepatan penerapannya di Indonesia, tapi juga terhadap mindset teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk menggali dan memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan taraf hidup manusia dalam rangka menuju kemandirian bangsa.

Peluang Emas, Lowongan Kerja Terbaru Juni 2020 di 4 Perusahaan BUMN, Cek Syarat dan Daftar di Sini

Dalam masa pandemi ini, katanya, berbagai komponen bangsa harus lebih cerdik melihat peluang yang bisa didapatkan, minimal apa yang dilakukan sebagai antisipasi menghadapi pandemi ini menggunakan teknologi.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved