Breaking News:

Hingga Kini Sudah 500 Rumah Terendam Banjir di Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya

Kepala Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Amas mengatakan rumah

tribunjabar/firman suryaman
Banjir di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (19/6), melanda sekitar 500 rumah 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Kepala Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Amas mengatakan rumah yang terendam banjir diperkirakan mencapai 500 rumah.

"Hasil inventarisasi sementara, ada sekitar 500 rumah yang terendam. Tidak hanya tiga kampung tapi empat kampung. Yakni Kampung Bojongsoban, Hegarsari, Mekarsari dan Cicalung," kata Amas di lokasi banjir, Jumat (19/6/2020).

Sedangkan Bojongwaru masuk wilayah Kampung Bojongsoban. "Banjirnya memang besar. Ketinggian air ada yang mencapai 1,5 meter di tepian sungai. Paling dangkal 60 cm," ujar Amas.

Banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Cikidang dan Sungai Citanduy yang mengapit wilayah keempat kampung tersebut. Air sungai mulai memasuki rumah-rumah warga sekitar pukul 03.30.

Kasus Sopir Anggota DPRD Jabar Pukul Staf Hotel Le Eminence Puncak Terus Berlanjut Secara Hukum

Amin (33), salah seorang warga Kampung Bojongsoban, menuturkan, hujan yang turun semalaman terasa deras, dan dirinya sudah bisa memperkirakan pasti akan terjadi banjir.

"Banjir yang melanda daerah kami adalah banjir rutin setiap hujan lebat turun. Biasanya kalau hukan mulai sore turun hingga malam pasti banjir. Kali ini hujan turun malam hari tapi sangat deras, sehingga membuat kedua sungai tetap meluap," ujar Amin.

Beruntung dirinya masih bisa menyelamatkan barang-barang. Terkecuali bangku atau kursi yang sudah dicopot busanya, dibiarkan terendam banjir.

"Kalau ada barang yang sampai terendam, dipastikan penghuni rumah ketiduran. Kami sudah paham jika turun hujan lebat sore hingga malam dipastikan akan banjir," kata Amin.

Deretan SMA Favorit di Kota Bandung, Berikut Ini Info PPDB SMA, Jadwal Daftar Jalur Zonasi 25 Juni

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved