Breaking News:

Investasi Surat Berharga Negara

Kupon ORI017 di Atas Bunga Deposito

ORI017 dapat menjadi pilihan investasi yang menguntungkan, menjaga nilai aset, dan memberikan sumbangsih bagi negara

shutterstock
Surat obligasi. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA -  PT Mandiri Sekuritas (Mandiri Sekuritas/Perusahaan) kembali dipercaya sebagai mitra distribusi penjualan instrumen investasi Obligasi Negara Ritel (ORI) dengan seri ORI017. Dengan berinvestasi pada ORI017, masyarakat dapat meraih keuntungan sekaligus berkontribusi bagi kemajuan perekonomian negeri.

Head of Fixed Income Research Mandiri Sekuritas Handy Yunianto, mengatakan, berinvestasi pada surat berharga negara (SBN) memberikan solusi diversifikasi portofolio investor dalam menghadapi kondisi pasar finansial yang masih sangat volatil (mudah berubah) di masa pandemi Covid-19.

Hal ini dikarenakan SBN memiliki arus kas kupon yang dibayarkan reguler oleh pemerintah dan ada jaminan uang investasinya akan kembali pada saat jatuh tempo nanti.

Pembayaran bunga dan pokok ORI017 dijamin oleh dua Undang-undang (UU), yaitu UU APBN dan Surat Utang Negara, yang artinya setiap tahun pemerintah menganggarkan dana untuk pembayaran bunga dan pokok pinjaman Utang Negara termasuk ORI dalam RAPBN.

“Berdasarkan historikal 10 tahun terakhir, pasar obligasi memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan saham ataupun deposito dengan volatilitas yang relatif rendah. Imbal hasil (yield) obligasi pemerintah Indonesia termasuk paling atraktif dengan tingkat yield aktual bertenor 10 tahun sebesar 7,2 perseb. Nilai tersebut masih lebih tinggi dibanding rata-rata yield 10 tahun di negara-negara berkembang, yaitu sebesar 5,13 persen,” kata Handy dalam rilis yang diterima Tribun Jabar, Rabu (17/6/2020).

Meskipun kupon ORI17 lebih rendah dibandingkan ORI16 yang diterbitkan Oktober 2019, namun selisih (spread) terhadap suku bunga penjaminan deposito masih lebih tinggi.

Sebagai informasi, Bank Indonesia (BI) telah menurunkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 4,5 persen sebagai upaya untuk mendorong pemulihan ekonomi di tengah volatilitas yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Sementara itu, bunga deposito turun 75 bps menjadi 5,5 persen selama periode yang sama.

Sehingga tingkat kupon yang ditawarkan ORI017 memiliki spread 90 bps di atas bunga deposito dibandingkan ORI16 yang memiliki spread hanya 30 bps.

Tarif Pajak untuk ORI adalah sebesar 15 persen, lebih rendah dibandingkan tarif pajak untuk deposito yang sebesar 20 persen.

“Dengan tingkat suku bunga yang rendah saat ini, kami sangat menyarankan agar masyarakat mulai berinvestasi sekarang untuk mendapatkan return yang optimal di masa yang akan datang, khususnya kepada generasi muda. ORI017 dapat menjadi pilihan investasi yang menguntungkan, menjaga nilai aset, dan memberikan sumbangsih bagi negara,” kata Handy.

Informasi mengenai investasi ORI017 dapat diakses melalui Care Center Mandiri Sekuritas di nomor telepon 14032 atau email care_center@mandirisek.co.id. Mandiri Sekuritas terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Editor: Adityas Annas Azhari
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved