Breaking News:

Wisata

VIDEO-VIRAL di Medsos, Dulu Tempat Mandi dan Cuci Pakaian Kini Tenar Jadi Cihonje Water Park

Aliran Sungai Cihonje di Dusun Sembir, Desa Gunasari, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang dijadikan...

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Aliran Sungai Cihonje di Dusun Sembir, Desa Gunasari, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang dijadikan warga menjadi objek wisata dadakan karena sangat cocok dijadikan tempat untuk bermain air.

Tak hanya itu, aliran sungai ini juga memiliki keindahan alam karena dikelilingi hutan yang masih asri dan berdekatan dengan area persawahan dengan padi yang tumbuh hijau.

Suasana yang sejuk dan kondisi aliran air yang jernih sangat cocok untuk dijadikan obyek wisata dadakan, sehingga warga disana pun menyebut aliran sungai ini sebagai obyek wisata Cihonje Water Park.

Sejumlah warga, baik orangtua maupun anak-anak memanfaatkan aliran Sungai Cihonje untuk bermain air menggunakan ban bekas untuk berseluncur di aliran sungai tersebut layaknya bermain arung jeram.

"Cihonje Water Park merupakan tempat wisata air dadakan," ujar tokoh masyarakat setempat, Burhanudin (52) saat ditemui di Aliran Sungai Cihonje, Dusun Sembir, Desa Gunasari, Kecamatan Sumedang Selatan, Minggu (14/6/2020).

Menurutnya, aliran sungai Cihonje ini memang tidak sengaja dijadikan tempat wisata. Awalnya tempat tersebut hanya dijadikan tempat mandi atau mencuci pakaian setiap hari oleh warga sekitar.

"Kemudian, tempat ini ada yang foto-foto terus diupload ke sosial media seperti Facebook, dijadikan Status Whatsapp (SW). Nah dari situ kemudian jadi viral dan banyak didatangi warga," katanya.

Ia mengatakan, tempat tersebut mulai ramai dikunjungi warga pasca perayaan Idulfitri 1441 Hijriah, kemudian warga sekitar membukanya setiap hari untuk umum, sehingga saat ini aliran Sungai Cihonje kerap dikunjungi warga dari luar daerah tersebut.

"Mulai dari situ baru ramai, tapi paling ramai pada hari Sabtu dan hari Minggu. Pengunjungnya sampai ratusan, itu dari pagi sampai sore ada terus yang datang," ucap Burhanudin.

Cihonje Water Park hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat Kota Sumedang, bahkan untuk berkunjung ke tempat tersebut warga tidak dikenakan tiket masuk, sehingga hal ini membuat tempat tersebut menjadi tempat favorit warga untuk berwisata air.

Halaman
12
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved