Breaking News:

Kunjungan Kerja Menteri

VIDEO-Mentan Ingin Sisa Hujan Musim Rendeng Bisa Dimanfaatkan untuk Hadapi Musim Gadu

Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan upaya menjaga pasokan pangan tetap aman meski di tengah pandemi Covid-19.

TRIBUNJABAR.ID, SUBANG - Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan upaya menjaga pasokan pangan tetap aman meski di tengah pandemi Covid-19.

Pada kesempatan itu, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja di Desa Ciberes, Kecamatan Patokbeusi, Kabupaten Subang, Sabtu (6/6/2020).

Ia meminta kepada seluruh jajaran mulai dari pemerintah pusat hingga daerah bisa mempersiapkan diri menghadapi musim tanam dua atau musim gadu.

Caranya dengan memanfaatkan pasokan air hujan yang tersisa pada musim rendeng sekarang untuk digunakan pada musim gadu nanti.

Menurut Mentan, memasuki musim tanam gadu, ada banyak permasalahan yang bakal dihadapi oleh para petani, khususnya dari sektor perairan yang mengering dikarenakan musim kemarau.

"Oleh karena itu seluruh jajaran kementerian dan seluruh pemerintah daerah harus bisa memanfaatkan sisa hujan bulan Juni dan Juli agar bisa digunakan untuk bertanam di musim tanam dua," ujar dia.

Syahrul Yasin Limpo mengatakan, persiapan matang sudah harus dilakukan dari sekarang.

Ia juga mencanangkan Gerakan Percepatan Olah Tanah (GPOT), serta menyerahkan sejumlah bantuan seperti dana KUR, Asuransi, dan bantuan lainnya bagi para petani.

Diketahui, pemerintah Indonesia menargetkan di atas 5,6 hektare lahan bisa menghasilkan pada musim gadu mendatang.

Jika target itu bisa dipenuhi, ia menjamin ketahanan pangan di Indonesia akan terjaga lebih baik.

"Target kita di atas 5,6 juta hektare dan mudah-mudahan itu bisa kita hasilkan sehingga ketahanan pangan kita bisa kita jaga lebih baik," ujar dia. (*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Mentan Ingin Sisa Hujan Musim Rendeng pada Juni dan Juli Bisa Dimanfaatkan untuk Hadapi Musim Gadu, https://jabar.tribunnews.com/2020/06/06/mentan-ingin-sisa-hujan-musim-rendeng-pada-juni-dan-juli-bisa-dimanfaatkan-untuk-hadapi-musim-gadu.
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Seli Andina Miranti
Video Production: Dicky Fadiar Djuhud
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved