Dugaan Pemotongan Dana Bansos di Kabupaten Sukabumi, Ini Cerita Lengkapnya

Kasus dugaan penyunatan bantuan sosial diduga terjadi di Desa Gandasoli, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

Tribunjabar.id/Kisdiantoro
ILUSTRASI 

Laporan Kontributor Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Kasus dugaan penyunatan bantuan sosial diduga terjadi di Desa Gandasoli, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Pelakunya disebut-sebut adalah pihak pemerintah desa.

Pengakuan tersebut muncul dari satu di antara warga Kampung Cikubang, Odon Setiawan. Dia mengaku bantuan yang dibagikan oleh pihak desa tersebut disunat sebesar Rp100 ribu, dari jumlah Rp 600 ribu yang seharusnya ia terima.

"Enggak ada penjelasan apa pun. Awalnya dikasih Rp 600 ribu, saya dapatnya Rp 500 ribu. Dipotong Rp 100 ribu tidak diberitahu untuk apa, enggak ada penjelasan untuk apa, untuk siapa, enggak ada sosialisasi," ujar Odon kepada Tribunjabar.id seusai menerima bantuan di Kantor Desa Gandasoli, Rabu (3/6/2020).

Anehnya lagi, kata Odon, pemotongan dilakukan di satu ruangan khusus, bukan di tempat pertama ia menerima bantuan.

"Dipotongnya di belakang. Dikasih di depan lalu dibawa ke belakang. Nah di situ dipotongnya, di belakang ada ruangan lain," ucapnya.

Tidak melibatkan RT/RW

Selain terjadi pemotongan bantuan, menurut ketua RT 03 RW 02 di Desa Gandasoli, Bama, tidak ada keterlibatan RT dalam penyaluran bantuan tersebut.

Bahkan, Bama mengatakan, sempat terjadi pemberian bantuan disalurkan malam hari, itu pun hanya diberikan sebesar Rp 250 ribu.

"RT enggak dilibatkan, enggak, enggak dilibatkan. Sudah banyak sih, banprov ada, PKH ada, yang dibagikan ke rumah warga cuman yang malam takbir ada yang Rp 250 ribu dari yang seharusnya Rp 600 ribu," tuturnya.

Kades bantah adanya pemotongan bansos

Menyoal bansos bagi warga terdampak Covid-19,  di Desa Gandasoli, yang disunat, Kepala Desa Gandasoli, Saeban, mengatakan, tidak ada pemotongan bansos di desanya.

Halaman
123
Editor: Sugiri
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved