Breaking News:

Baru Kembali Dibuka, Pelayanan Adminduk Disdukcapil Kota Sukabumi Meningkat 300 Persen

sebelumnya pelayanan adminduk selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Sukabumi dibatasi,

Penulis: Fauzi Noviandi | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Fauzi Noviandi
Sejumlah warga tengah melakukan permohonan adminduk 

Laporan Kontributor Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi.

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Dinas Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi mencatat selama dua hari pemohon Admistrasi Kependudukan (Adminduk) mengalami peningkatan sebanyak 300 persen.

Kepala Disdukcapil Kardina Karsoedi, menjelaskan sebelumnya pelayanan adminduk selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Sukabumi dibatasi, sebagai upaya pencegahan Covid-19.

"Tapi setelah wilayah Kota Sukabumi dinyatakan berstatus zona biru, dan akan menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pelayan adminduk di buka kembali dan sudah berjalan dua hari," katanya saat ditemui di Ruangannya, Jumat, (5/6/2020).

Dewan Minta Disdik Jabar Antisipasi Masalah pada PPDB 2020, Jangan Sampai Ada Kongkalikong

Memasuki hari kedua setelah ditutup lanjut dia, permohonan adminduk mengalami peningkatan sekitar 300 persen. Masyarakat yang melakukan permohonan tersebut didominasi oleh pembuatan e-KTP.

"Dari sejumlah pelayanan adminduk itu, kebanyakan warga yang melakukan perekanman e-KTP. Dihari pertaman saja tercatat ada sebanyak 58 perekaman, dan untuk hari ini mencapai 75 orang. Sedangkan yang lainnya melakukan permohoan adminduk seperti surat pindah, dan akte kelahiran," katanya

Selain itu kata dia, masyarakat yang melakukan perekaman e-KTP tersebut didominasi oleh pemohon e-KTP pemula, yaitu pelajar yang baru lulus sekolah.

Deretan Artis Kampanye Wisuda LDR Ikuti Jejak Najwa Shihab, Sandiaga Uno, Dian Sastro & Omar Daniel

"Hari ini kebanyakan dipenuhi oleh pemohon pemula. Untuk stok blangko sampai saat ini masih terpenuhi, bahkan kita sudah tidak mecetak suket, dan langsung mencetak e-KTP," ucapnya

Pihaknya menambahkan, menjelang penerapan AKB pelayana di Disdukcapil akan menerapkan sejumlah protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dalam mengantisipasi pencegahan Covid-19. 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved