Aparat dan Warga Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan, Tren Kasus Covid-19 di Jabar Menurun

Aparat dan warga disiplin jalankan protokol kesehatan, tren kasus Covid-19 di Jabar menurun.

Tribun Jabar/Firman Suryaman
Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, sempat berbincang dengan warga saat monitoring ketaatan penerapan protokol kesehatan cegah Covid-19 di Asia Plasa, Kota Tasikmalaya, Kamis (4/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan, tren kasus Covid-19 di Jabar terus menurun.

Karena itu pihaknya berani menyarankan sejumlah daerah untuk menerapkan fase adaptasi kebiasaan baru (AKB).

"Beberapa daerah di Jabar kini diperbolehkan menerapkan fase AKB atau new normal, karena memang tren kasus Covid-19 di Jabar menurun," kata Uu, seusai monitoring ketaatan protokol kesehatan di Asia Plasa, Kota Tasikmalaya, Kamis (5/6/2020) sore.

Uu mengungkapkan penyebaran kasus Covid-19 di wilayah Jabar sebelumnya berada pada angka tiga persen. Tapi sata ini terus turun dan terakhir berada pada angka 0,62 persen.

"Penurunan persentasi kasus Covid-19 ini membuat sejumlah daerah termasuk Kota Tasikmalaya naik statusnya ke lebih aman yaitu dari zona kuning ke zona biru. Makanya kami perbolehkan memasuki fase AKB," ujar Uu.

Ia mengungkapkan, secara nsional, Jabar dinilai sebagai salah satu provinsi terbaik dalam penanganan Covid-19.

Namun Uu menegaskan, keberhasilan menekan tren kasus Covid-19 di Jabar ini bukan semata jasa pemerintah, tapi juga peran aparat yang melakukan penjagaan ketat serta kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

"Keberhasilan menurunkan angka kasus Covid-19 ini berkat kerja keras semuanya. Berkat kolaborasi banyak pihak," kata Uu.

Ia menyontohkan, Kota Tasikmalaya tadinya termasuk daftar zona merah di Jabar, kini beribah status jadi zona biru, setelah dilakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Karena itu, Kota Tasikmalaya diperbolehkan menerapkan fase AKB atau new normal," ujar Uu.

Namun begitu, semua pihak tak boleh lengah karena Covid-19 masih mengancam.

Ketika Shalat Jumat, Jangan Lakukan Beberapa Kesalahan Ini, Duduk Memeluk Lutut Amalan Jadi Sia-sia?

Penulis: Firman Suryaman
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved