Breaking News:

Perbedaan Pendapat Salat Jumat, Aa Gym : Pilih yang Paling Diyakini, Hormati Pilihan Orang

Aa Gym sendiri mengaku akan mengikuti fatwa MUI pusat yang hanya menggelar salat jumat satu gelombang.

Tribun Jabar/ Nazmi Abdurrahman
Masjid Al Ukhuwah 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pimpinan pesantren darut tauhid, Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym meminta umat Islam tidak perlu meributkan perbedaan pendapat tentang salat jumat dua gelombang saat pandemi virus corona.

Menurutnya, adanya perbedaan pendapat diantara ulama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) di daerah terjadi karena sama-sama bersemangat ingin beribadah melaksanakan salat jumat.

"Pelajari perbedaan pendapat ini, pilih yang paling diyakini dan hormati pilihan orang lain," ujar Aa Gym, melalui pesan Whatsapp, Kamis (4/6/2020).

Aa Gym sendiri mengaku akan mengikuti fatwa MUI pusat yang hanya menggelar salat jumat satu gelombang.

Ini Resep Mudah Membuat Pie Lemon Alpukat, Cantik dan Cocok Disantap saat Bersantai

"Aa secara pribadi, mengambil fatwa dari MUI karena percaya di majelis ulama adalah kumpulan para ulama yang memiliki kapasitas ilmu dan beragam disiplin ilmu serta punya tanggungjawab memberikan fatwa," katanya.

Meski begitu, Aa Gym mengaku tetap menghormati perbedaan para ulama yang memutuskan dapat menggelar salat jumat dua gelombang, untuk memfasilitasi jemaah.

"Namun demikian, juga menghormati para ulama yang berwewenang memberi fatwa walaupun pihaknnya berbeda," ucapnya.

Sementara bagi umat muslim yang daerahnya masih masuk dalam zona merah dan memiliki rasa khawatir untuk melaksanakan salat jumat berjamaah, dianjurkan untuk mengganti dengan salat dzuhur di rumah.

Menjelang Penerapan AKB, Bupati Karawang Tinjau dan Cek Kesiapan Sejumlah Tempat Ibadah

"Tentunya didaerah berbahaya (zona merah) maka salatlah di rumah, Insya Allah niat ke masjid sudah ada, kemudian menjauhi dari musibah juga merupakan sesuatu berpahala. Kalau ingin cari pahala dari Allah walaupun salat Jumat di rumah Insya Allah didapatkan karena situasi memang sedang darurat seperti ini," katanya.

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved