Pedagang Keliling di Purwakarta Bakal Dapat Rp 2 Juta Per Orang, Stimulus Modal di Tengah Pandemi

Pedagang keliling di Purwakarta bakal mendapat Rp 2 juta per orang. Cair bulan Juli.

Tribun Jabar/M Nandri Prilatama
Ilustrasi pedagang keliling di Purwakarta. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta mengalokasikan anggaran untuk penanggulangan masalah sosial di masa pandemi Covid-19, khususnya para pedagang keliling, seperti pedagang sayuran dan kue keliling serta pedagang kecil yang biasa mangkal di sekolah.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan pihaknya tengah mendata para pedagang yang berhak menerima bantuan dengan per orangnya Rp 2 juta.

"Kami data 1.000 pedagang kecil yang terdampak Covid-19 sebagai stimulus untuk modal usaha mereka," katanya, Kamis (4/6/2020).

Adapun data penerima diutamakan mereka yang belum terdata atau di luar warga yang telah menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari desa maupun bantuan sosial kabupaten.

"Anggarannya ini dari bantuan tak terduga di pos anggaran Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan (KUPP) setempat. Insya Allah pekan ketiga Juli bantuan ini sudah didistribusikan. Jadi, satu bulan ini kami fokus ke pendataan dahulu," ujarnya.

Anne Ratna juga mengklaim Pemkab Purwakarta terus berupaya melakukan serangkaian penanggulangan dampak penyebaran Covid-19 di wilayahnya hingga ke tingkat desa.

"Saya telah buat surat tugas untuk seluruh dinas agar ikut peran aktif tanggulangi wabah ini, salah satu instruksinya wajib melakukan bakti sosial untuk warga masyarakat," ujarnya.

Tak hanya itu, Ambu Anne pun meminta para ASN gotong royong mendukung dalam membantu masyarakat terdampak yang belum mendapatkan bantuan dari mana pun.

Para ASN Purwakarta yang mendapat tunjangan kinerja dinamis (TKD) mesti menyumbang Rp 100 ribu.

"Uang itu target kami untuk 6.000 paket sembako dan kemarin sudah disepakati bersama. Penerimanya ini jompo, penyandang disabilitas, dan anak yatim," ucap Anne.

PSBB di Jakarta Diperpanjang, Keluar Masuk DKI Diperketat

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved