Breaking News:

PSBB di Jabar Diperpanjang

Lakukan Salat Jumat atau Tidak, Jubir Gugus Tugas Covid-19 Jabar: Masjid Harusnya Ikuti Imbauan MUI

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, Daud Achmad, meminta setiap masjid di Jawa Barat mematuhi anjuran MUI

TRIBUN JABAR / MUHAMAD SYARIF ABDUSSALAM
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar, Daud Achmad. Lakukan Salat Jumat atau Tidak, Masjid Harusnya Ikuti Imbauan MUI 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, Daud Achmad, meminta setiap masjid di Jawa Barat mematuhi anjuran Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat dalam hal menyelenggarakan ibadah berjamaah, termasuk salat Jumat berjamaah di masa pandemi Covid-19.

"Sebaiknya masjid-masjid mengikuti aturan dan imbauan kepala daerah dan imbauan MUI," kata Daud melalui ponsel, Kamis (4/6/2020).

Sebelumnya, Ketua MUI Provinsi Jabar Rachmat Syafei mengatakan masjid-masjid di zona biru atau level 2 yang memberlakukan adaptasi kebiasaan baru ( AKB), diperkenankan menjalankan salat berjamaah, termasuk salat Jumat, dengan memerhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Besok, Masjid Pusdai Akan Gelar Salat Jumat, Kapasitasnya Hanya 30 Persen

Masjid Al Ukhuwah Bandung Akan Gelar Salat Jumat Berjamaah, Batasi Jemaah 30 Persen Daya Tampung

Salat Jumat di Masjid Raya Bandung, Besok, Sudah Bisa Kah? Begini Penjelasan Ketua DKM -nya

Taman Alun-alun Bandung di halaman Masjid Raya Bandung, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung telah selesai direnovasi, hamparan rumput sintetis seluas kurang lebih 4.300 meter persegi sudah terlihat baru. Jumat (21/9/2018).
 Masjid Raya Bandung, Jumat (21/9/2018). (Tribunjabar/Yongky Yulius)

Pelaksanaan salat berjamaah dengan bergiliran atau sistem shift hanya boleh dilakukan pada salat wajib lima waktu atau salat fardhu dan tidak berlaku untuk salat Jumat.

“Khusus untuk Jumatan, tidak ada shift-shift-an. Misalnya biar panjang sampai alun-alun pun biar begitu saja. Tapi kalau berjamaah seperti biasa salat fardhu, bisa shift-shift-an,” ujar Rachmat.

Adaptasi Kebiasaan Baru atau AKB sendiri adalah istilah yang digunakan untuk memaknai new normal, yang merupakan kebiasaan baru warga Jabar di masa pandemi selama obat dan vaksin Covid-19 belum ditemukan.

Dalam hal ini, perilaku sehari-hari berubah secara sadar dan disiplin menjadi lebih higienis ketika diharuskan berdampingan dengan Covid-19. Kuncinya, terletak pada protokol kesehatan yang ketat dan tingkat kewaspadaan individu yang tinggi hingga dapat membantu menjalankan hidup aman, sehat, dan produktif.

Tiga protokol kesehatan yang wajib dan perlu menjadi kebiasaan warga Jabar adalah penggunaan masker, sering mencuci tangan, dan wajib menjaga jarak aman minimal 1,5 meter dengan orang lain saat beraktivitas di luar rumah.

Jangan lupa, katanya, selalu perhatikan dan lindungi anggota keluarga yang rentan, terutama mereka yang lanjut usia, yang mempunyai penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi, gangguan paru, gangguan ginjal, penyakit autoimun dan kehamilan.

Halaman
123
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved