Breaking News:

Ini Dampak Bagi KBIH di Sumedang Terkait Pembatalan Keberangkatan Calon Jemaah Haji

Keputusan pembatalan keberangkatan calon jemaah haji berdampak bagi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Ichsan
Capture Youtube
ilustrasi ibadah haji 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Keputusan pembatalan keberangkatan calon jemaah haji berdampak bagi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) di Sumedang, terutama dampak ekonomi dan dampak sosial.

Hal tersebut dialami KBIH An-Nuur Sumedang karena sebanyak 190 calon jemaah haji di KBIH tersebut dipastikan gagal berangkat ke tanah suci pada tahun ini.

Ketua KBIH An-Nuur, Shandy Prasasti, mengatakan, dampak yang sangat dirasakan oleh KBIH atas pembatalan keberangkatan haji ini, yakni dampak sosial tidak bisa lagi melakukan manasik haji.

"Kalau dampak secara ekonomi tidak ada lagi program-program di KBIH karena kita lewat sampai tahun depan," ujar Shandy di KBIH An-Nuur Sumedang, Kamis (6/4/2020).

Oditurat Militer dan BNNP Jabar Musnahkan 5 Kg Sabu-sabu, Sebagian Hasil Sitaan dari Oknum Tentara

Kendati demikian, pihaknya tidak mempermasalahkan terkait hal ini, karena pembatalan keberangkatan calon jemaah haji merupakan keputusan dari pemerintah.

"Meskipun selama tahun ini KBIH kita sendiri tidak akan pernah mengadakan lagi pelatihan, dampaknya secara sosial kita juga tidak bisa bareng-bareng lagi bersama jemaah mempelajari manasik haji," ucapnya.

Berdasarkan data Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumedang, total calon jemaah haji yang gagal berangkat haji tahun ini jumlahnya mencapai 860 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) An-Nuur 151 orang, Asy-Syifaa Wal Mahmuudiyyah 178, Bina Insan Ardli Sela 198, Intania 74, Jemaah Mandiri 23, Multazam 188, Jemaah Persis 44, Jemaah mutasi keluar 8 dan 2 orang penambahan kuota.

"Jumlah keseluruhan jemaah haji yang gagal berangkat asal Sumedang sebanyak 860 orang," ujar Kepala Seksi Haji dan Umrah, Kemenag Sumedang, Aziz Kawakibi saat ditemui di kantornya.

VIRAL Video Wanita Petugas SPBU di Caringin Bandung Ditampar Konsumen Laki-laki, Netter Kecam Pelaku

Aziz mengatakan, sesuai keputusan Menteri Agama, bagi calon jemaah haji yang gagal berangkat pada tahun ini dipastikan akan berangkat pada tahun 2021. Terkait hal ini pihaknya sudah menyampaikan ke semua KBIH di kabupaten Sumedang.

"Kami sudah sampaikan ke KBIH untuk menyampaikan ke jemaahnya, tetap sabar dan ikhlas dengan keputusan yang diambil pemerintah bahwa keberangkatan haji ditunda untuk tahun sekarang," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved