Breaking News:

30.000 Santri akan Kembali ke Sejumlah Pondok Pesantren di Ciamis, Begini Aturan yang Harus Dipatuhi

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengingatkan para santri dari luar daerah yang akan kembali ke Ciamis,

Tribun Jabar/Andri M Dani
Ribuan santri Ponpes Darussalam Ciamis dan warga hadir pada malam renungan di Gedung Nadwatul Ummah Ponpes Darussalam, Jumat (6/3/2020) malam lantunkan doa-doa memohon perlindungan dari bencana dan wabah penyakit. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengingatkan para santri dari luar daerah yang akan kembali ke Ciamis, sudah membekali diri dengan surat keterangan sehat yang diperoleh dari daerah asal. Selain itu sudah melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di daerah asal masing-masing.

Dalam waktu dekat ada sekitar 30.000 santri yang akan kembali ke sejumlah pondok pesantren di Ciamis.

Hal itu disampaikan Herdiat pada pertemua dengan pimpinan pesantren yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (PSPP) Ciamis, Forum Pondok Pesantren (FPP) Ciamis dan Kantor Kemenag Ciamis di Ruang Rapat Oproom Setda Ciamis,  Kamis (4/6/2020).

Pada pertemuan yang juga dihadiri Wabup Ciamis Yana D Putra  tersebut membahas protokol kedatangan santri kembali  ke pondok pesantren di Ciamis.   

Lakukan Salat Jumat atau Tidak, Jubir Gugus Tugas Covid-19 Jabar: Masjid Harusnya Ikuti Imbauan MUI

Ketua Forum Pondok Pesantren (FPP) Ciamis KH Nonop Hanafi pada kesempatan tersebut mengatakan para santri dari luar daerah akan  berdatangan ke Ciamis mulai Minggu (14/6).

“Sebelum kembali ke Ciamis para santri luar daerah tersebut sudah diingkatkan untuk menerapkan protokol kesehatan. Dan melakukan isolasi mandiri sebelum di rumah masing-masing,” ujar KH Nonop Hanafi yang juga pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda 2 Bayasari Jatinegara Ciamis tersebut.

Dan kedatangan santri mulai tanggal 14/6 tersebut menurut KH Nonop sudah menjadi kesepakatan pengasuh dan pengurus pondok pesantren di Ciamis. Para santri dikembalikan ke tempat asal masing-masing secara bertahap sejak Maret lalu menyusul terjadinya wabah  Covid-19.

Bagi santri yang berasal dari luar Jabar akan diberikan keringanan terkait waktu ke datangannya ke Ciamis. Mengingat tiap daerah di luar Jabar tentu punya kebijakan yang berbeda-beda dalam menghadapi pandemic Covid-19. Dan juga adanya keterbatasan transportasi.

Perbedaan Pendapat Salat Jumat, Aa Gym : Pilih yang Paling Diyakini, Hormati Pilihan Orang

“Jadi untuk santri asal luar Jabar ada keringanan waktu untuk kembali ke Ciamis. Mungkin karena keterbatasan transportasi atau adanya kebijakan yang berbeda di tiap daerah,” tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved