Breaking News:

Gotong Royong Kuatkan Indonesia Melawan Pandemi‎ Covid-19, Lewat Diskusi Daring Membumikan Pancasila

Diskusi daring membumikan Pancasila di tengah pandemi Covid-19 yang digelar DPD PDI Perjuangan Jabar dihadiri ratusan kader dan sejumlah mahasiswa

Tribun Jabar/Mega Nugraha
Diskusi daring membumikan Pancasila di tengah pandemi Covid-19 yang digelar DPD PDI Perjuangan Jabar dihadiri ratusan kader dan sejumlah mahasiswa, Selasa (2/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Diskusi daring membumikan Pancasila di tengah pandemi Covid-19 yang digelar DPD PDI Perjuangan Jabar dihadiri ratusan kader dan sejumlah mahasiswa, Selasa (2/6/2020).

Yudi Latif, cendikiawan muda yang intens dalam ide-ide kebangsaan dan Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, Ono Sorono jadi pemateri.

Ono memaparkan, di tengah pandemi, nilai dan perbuatan Pancasila jadi modal bagi setiap warga negara untuk tetap bertahan dan berdaya di tengah pandemi Covid-19.

Fadli Zon Sebut RUU Haluan Ideologi Pancasila Tidak Penting, Mahfud MD Balas Cuitan Pedas Skak Mat

15 Provinsi Tidak Ada Penambahan Kasus Covid-19, Jabar Masuk 5 Provinsi Penambahan Kasus Tertinggi

Webinar ini juga digelar untuk memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni serta memperingati Bulan Bung Karno.

"Kami ingin selalu membumikan Pancasila dalam tindakan keseharian, apalagi saat ini di tengah pandemi. Jadi diskusi ini sekaligus mengingatkan, untuk selaku mempraktekan Pancasila dalam keseharian," ujar Ono.

Di tengah pandemi, ia tidak memungkiri banyak orang terdampak dan kesusahan. Aktifitas dunia usaha sempat terhenti, termasuk UMKM.

Banyak pekerja yang dirumahkan dan banyak juga orang yang susah mencari makan. Karena itu, ia menyerukan kadernya untuk jangan membiarkan tetangga di wilayahnnya masing-masing kesusahan meski sekedar untuk makan.

"Tapi banyak yang membantu teman-temannya, sesama saudara dengan berbagi makanan, berbagi kebutuhan pokok. Sangat kami apresiasi, karena dengan cara itulah kita ber-Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," ujar dia.

Dandim 0617 Majalengka : di Hari Lahirnya Pancasila Ini, Kita Harus Kompak Hadapi Covid-19

Ia meyakini, gotong royong sebagai turunan nilai dari falsafah Pancasila, menguatkan masyarakat ‎kita di tengah pandemi. Gotong royong kata dia, tidak hanya berbagi dan membantu sesama warga yang kesusahan, namun juga turut membantu negara.

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved