Ibadah Haji 2020 Dibatalkan

Batal Ibadah Haji Tahun Ini, Calon Haji Kota dan Kabupaten Tasikmalaya Dijamin Berangkat di 2021

Kepala Kantor Kemenag Kab Tasikmalaya Usep Saepudin Muhtar, menjamin calon jemaah haji yang batal berangkat tahun ini akan diberangkatkan tahun depan.

Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
ILustrasi: Pelapasan pemberangkatan calon jemaah haji di depan Pendopo Pemkab Majalengka, Senin (29/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Usep Saepudin Muhtar, menjamin calon jemaah haji yang batal berangkat tahun ini akan diberangkatkan tahun depan.

"Sudah dipastikan tidak jadi berangkat tahun ini, akan diberangkatkan tahun depan. Baik calon jemaah haji Kota Tasikmalaya maupun Kabupaten Tasikmalaya," kata Usep, yang juga PLT Kepala Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya, Selasa (2/6/2020) siang.

Calon Haji Kategori Ini Dapat Mengambil Kembali Biaya Haji, Ini Kata Kabid PHU Kanwil Kemenag Jabar

Namun begitu, Usep memberikan kesempatan kepada calon jemaah haji yang ingin mengambil dulu uang pelunasan. Tetapi saat akan berangkat tahun 2021 harus dilunasi lagi.

"Uang pelunasan sekitar Rp 10 juta bisa diambil dulu jika ada keperluan. Namun jika tahun depan diberangkatkan, harus sudah lunas lagi," ujar Usep.

Yang ingin membatalkan ibadah haji pun bisa mengambil keseluruhan sekitar Rp 35 juta. "Tapi yang dibatalkan kecil kemungkinannya. Sudah antri bertahun-tahun, masa saat mau berangkat malah tidak jadi," kata Usep.

Ridwan Kamil Mengaku Sedih Tak Bisa Berangkat Haji Tahun Ini, Padahal Sudah Siapkan Lahir Bathin

Para calon haji yang diberangkatkan tahun depan, juga akan menerima nilai manfaat dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

"Nilai manfaat dikeluarkan karena calon jemaah haji telah menabung ongkos naik haji. Ada bagi hasil dari BPKH. Akan diberikan 30 hari sebelum diberangkatkan," ujar Usep. Ia menyebutkan total calon jemah haji asal Kota dan Kabupaten Tasikmalaya sekitar 2.000 orang. (firman suryaman)

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved