Breaking News:

New Normal di Jabar

PSBB Proporsional, Warga Boleh Makan di Restoran tapi Tak Boleh Nongkrong, Maksimal 60 Menit

Kota Bandung, saat ini masih berada di level 3, karena ditemukan kasus Covid-19 pada kluster tunggal.

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Ravianto
istimewa
Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna memberikan imbauan kepada masyarakat yang ada di salah satu restoran yang ada di Kota Cimahi. Terlihat Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Marzuki dan Dandim 0609 Cimahi Letkol Arh Teguh Waluyo turut dalam kegiatan tersebut yang dilakukan pada Senin (06/4/2020) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pengunjung rumah makan, cafe atau restoran diberi waktu selama 60 menit berada di tempat makan, saat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) proporsional Kota Bandung.

Pemerintah Kota Bandung resmi memperpanjang PSBB hingga 12 Juni 2020. Keputusan ini diresmikan melalui Perwal Nomor 32 Tahun 2020 tentang PSBB dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19, sekaligus Perubahan Ketiga Perwal Nomor 21 dan 29 tahun 2020.

Perwal tersebut ditetapkan pada tanggal 30 Mei 2020 oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial. Dalam Perwal itu, rumah makan, restoran dan cafe di Kota Bandung sudah diperbolehkan untuk kembali beroperasi dan melayani makan di tempat (dine in) mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB.

Jam operasional ini pun berlaku untuk pelayanan pesan makanan untuk dibawa pulang (take away). Selain itu, dalam perwal Nomor 32 Tahun 2020 ini tetegaskn bahwa jumlah pengunjung yang makan di tempat hanya boleh 30 persen dari kapasitasnya dan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat.

Kabag Hukum, Pemkot Bandung Bambang Suhari, mengatakan sektor yang diberikan pelonggaran seperti cafe, rumah makan, restoran baru boleh membuka opersionalnya paling cepat pada 2 Juni 2020.

"Sebelumnya tim akan melakukan pengecekan seperti apa kesiapan mereka dalam menyiapkan protokol kesehatan yang menjadi syarat bagi sektor yang dilonggarkan," ujar Bambang Suhari, saat dihungi, Minggu (31/5/2020).

Pergub Tentang Pedoman PSBB

Terdapat perbedaan kebijakan antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung dalam penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) proporsional.

Dalam Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 46 tahun 2020 tentang pedoman PSBB secara proporsional sesuai dengan level kewaspadaan daerah Kabupaten/Kota, pada pasal 4 ayat 2 dituliskan bahwa daerah yang masuk level 3 (cukup berat) harus menerapkan PSBB secara parsial.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved