Breaking News:

Diskusi Bertema Pemberhentian Presiden Dibatalkan, Presiden CLS UGM Sebut Kondisinya Tak Kondusif

Diskusi bertajuk "Meluruskan Persoalan Pemberhentian Presiden Ditinjau dari Sistem Ketatanegaraan" dibatalkan.

Pixabay
Ilustrasi. 

TRIBUNJABAR.ID - Diskusi bertajuk "Meluruskan Persoalan Pemberhentian Presiden Ditinjau dari Sistem Ketatanegaraan" dibatalkan.

Semula, acara diskusi yang digelar secara daring itu direncanakan dilakukan pada Jumat (29/5/2020) pukul 14.00 WIB.

Presiden Constitutional Law Society (CLS) atau Komunitas Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Aditya Halimawan mengatakan, acara diskusi itu dibatalkan lantaran tema yang diangkat dianggap politis oleh sejumlah pihak.

Pihaknya juga terpaksa melakukan pembatalan setelah mendapat ancaman jika diskusi yang diagendakan tersebut tetap dilanjutkan.

"Iya diskusinya kami batalkan," ujar Presiden CLS UGM Aditya Halimawan saat dihubungi, Jumat (29/05/2020).

"Ini kesepakatan dari pembicara dan penyelenggara, karena memang kondisinya semakin tidak kondusif. Ya sebelumnya kami mendapat tindakan semacam peretasan dan ancaman juga," tutur dia.

Meski telah dibatalkan, namun pihaknya menyayangkan sikap yang menganggap kegiatan yang dilakukan justru disalah artikan.

Pihaknya menegaskan, tema dan kegiatan yang dilakukan tidak berkaitan dengan aksi makar atau gerakan politis lainnya. Karena kegiatan yang dilakukan murni bersifat akademis.

Beri Ide pada Legislatif dan Eksekutif, Mahasiswa 13 Perguruan Tinggi di Jabar Gelar Diskusi Ilmiah

"Seperti klarifikasi yang sudah kami sampaikan, bahwa kami bersifat akademis. Tidak berkaitan oleh politik manapun atau agenda politik manapun," kata Aditya.

Meski aktivitas dari komunitas Fakultas Hukum mendapat intimidasi, pihak universitas justru berdalih tidak tahu acara tersebut.

Kabag Humas dan Protokol UGM Iva Ariani mengaskan, acara diskusi itu dianggap bukan acara resmi dari Fakultas Hukum maupun UGM.

"Itu bukan acara resmi dari Fakultas Hukum maupun UGM," tandasnya.

Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma | Editor : Kristian Erdianto

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Angkat Tema Pemberhentian Presiden, Panitia Diskusi CLS UGM Diancam hingga Acara Dibatalkan", https://regional.kompas.com/read/2020/05/30/12251181/angkat-tema-pemberhentian-presiden-panitia-diskusi-cls-ugm-diancam-hingga.

Editor: Yongky Yulius
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved