New Normal di Jabar

Kota Tasikmalaya Resmi Perpanjang Kembali PSBB, Tapi Dibarengi AKB, Ini Maksudnya

Wali Kota Tasikmalaya akhirnya memperpanjang kembali PSBB, tapi dibarengi AKB.

Tribun Jabar/Firman Suryaman
Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, memberikan keterangan pers terkait PSBB dan new normal di halaman Bale Kota, Kamis (28/5/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, akhirnya memutuskan PSBB tidak dicabut, tapi dibarengi dengan fase adaptasi kehidupan baru (AKB) yang tak lain adalah new normal.

"PSBB tetap berjalan tapi kini dibarengi dengan AKB atau new normal. Artinya semua kegiatan sosial-ekonomi masyarakat sudah bisa menggeliat kembali," kata Budi saat menggelar jumpa pers di Bale Kota, Jumat (29/5).

Pelaksanaan AKB, kata Budi, tetap dalam konteks PSBB untuk meredam penyebaran Covid-19 yang hingga kini masih mengancam kehidupan warga.

"Kegiatan perekonomian misalnya mulai berjalan kembali. Tapi tetap wajib mengkuti protokol kesehatan mencegah Covid-19. Seperti mengenakan masker, jaga jarak, dan disediakan tempat cuci tangan," ujar Budi.

Warga kota, kata Budi, wajib mengikuti protokol kesehatan mencegah Covid-19, setelah diterapkannya AKB di masa PSBB. Jika tidak, warga akan lebih rentan terkena Covid-19.

"Jadi dalam penerapan AKB di tengah PSBB, warga mau tidak mau harus lebih berdisiplin melakukan antisipasi mandiri sesuai anjuran pemerintah," ujar Budi.

Budi menegaskan, selalu jaga jarak serta memakai masker saat berada di pusat-pusat kegiatan sosial dan ekonomi.

Hal itu untuk menghindari adanya muncratan droplet menempel ke orang lain.

"Manfaatkan juga kalau tersedia tempat mencuci tangan. Setelah beraktivitas di pusat perekonomian itu, segera mencuci tangan sehingga steril saat pulang ke rumah," kata Budi.

Masuk Zona Kuning, Karawang Perpanjang Masa PSBB, Ini Alasannya

Penulis: Firman Suryaman
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved