Sejumlah Warga Demam, Petugas Puskemas Pagarsih Kota Bandung Datangi Rumah Penduduk

Petugas Puskesmas Pagarsih mendatangi rumah penduduk terkait beberapa warga demam bahkan dirawat di rumah sakit, Jumat (29/5/2020).

tribun jabar/tiah sm
Tim Puskesmas Pagarsih mendatangi rumah penduduk di kawasan Astanaanyar, Kota Bandung, Jumat (29/5/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar , Tiah SM

TRIBUNJABAR. ID, BANDUNG -- Petugas Puskesmas Pagarsih mendatangi rumah penduduk terkait beberapa warga mengalami demam bahkan dirawat di rumah sakit, Jumat (29/5/2020).

Petugas Puskesmas Fisyal Hidatulloh mengatakan kedatangannya ke Gang Tresna Asih Astanaanyar, Kota Bandung untuk mengecek kebenaran laporan RW bahwa di Tresna Asih ada warga terkena demam berdarah dengue ( DBD), bukan demam karena dugaan Covid-19.

Sudah dua hari saya cek lingkungan tak ditemukan jentik nyamuk di rumah warga, warga yang dirawat di rumah sakit dan dirawat di rumah hasil periksaan dokter bukan demam berdarah tapi typus," ujar Fisyal.

BARU SAJA TERJADI, Buntut Pembunuhan George Floyd oleh Polisi, Kantor Polisi Dibakar, Massa Menjarah

Fisyal mengatakan banyak warga ingin di foging karena takut demam berdarah, tapi Puskesmas tidak bisa sembarangan melakukan fogging.

"Fogging tidak mudah dilakukan apalagi saat pendemi Corona begini harus jaga jarak, biasanya kalau di fogging, semua penghuni rumah keluar berkumpul, artinya tidak ada jaga jarak ," ujarnya.

Menurut Fisyal, fogging baru bisa dilakukan jika pemeriksaan jentik di 20 rumah warga terdapat lebih dari lima rumah banyak jentik dan sudah lebih dari lima orang terjangkit demam berdarah.

Mulai Juli BLT Untuk Warga Terdampak Pandemi Covid-19 Dikurangi, Jadi Segini Jumlahnya

Fisyal minta, warga lebih baik mencegah demam berdarah dengan melakukan, sering membersihkan bak mandi, menutup penampungan air membersihan lingkungan.

"Sejak pandemi Corona dan PSBB kasus demam berdarah turun dratis bahkan selama dua bulan terakhir tak ada, mungkin warga selama di rumah bersih-bersih terus," ujar Fisyal. (tiah sm)

Penulis: Tiah SM
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved