Putusan Irvan Rivano Muchtar Inkrah, Akankah Cianjur Punya Bupati Definitif, Ini Kata Pengamat

Pengamat politik Cianjur Yudi Junadi mengatakan Kabupaten Cianjur berpeluang mempunyai bupati definitif setelah keluarnya putusan kasasi MA.

TRIBUN JABAR / DIAN NUGRAHA RAMDANI
Irvan Rivano Muchtar 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Pengamat politik Cianjur Yudi Junadi mengatakan Kabupaten Cianjur berpeluang mempunyai bupati definitif setelah keluarnya putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) yang menolak permohonan terdakwa Irvan Rivano Muchtar pada 20 Mei 2020.

"Putusan kasasi Mahkamah Agung yang menolak permohonan IRM telah inkrah dan mempunyai kekuatan hukum tetap. Pemerintah Kabupaten Cianjur bisa mengajukan untuk bupati definitif," ujar Yudi Junadi melalui sambungan telepon, Jumat (29/5/2020).

Yudi mengatakan, semua tergantung dari Pemkab Cianjur, apakah akan mengajukan kepada menteri dalam negeri atau tidak untuk mendapatkan bupati definitif.

Menurutnya, kewenangan untuk mutasi dan rotasi pejabat kini sudah bisa dilakukan oleh Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman.

"seratus persen sudah mempunyai kewenangan. Persoalan, kapan diajukan, ini bersifat paket dan mempunyai hitung-hitungannya," katanya.

Menurutnya, tentu saja permohonan diajukan dengan berbagai pertimbangan. "Tidak sekadar definitif," katanya.

Diberitakan sebelumnya, kasus korupsi dana alokasi khusus yang menjerat Bupati Cianjur nonaktif Irfan Rivano Muchtar telah memasuki babak akhir. Kasasi yang diajukan terdakwa dan jaksa penuntut umum ditolak oleh Mahkamah Agung.

Dalam situs Mahkamah Agung, pada kanal informasi perkara, tertera informasi bahwa perkara dengan nomor register 1505 K/PID.SUS/2020 dengan nomor perkara di pengadilan tingkat pertama 31/Pid.Sus.Tpk/2019/PN.Bdg, statusnya sudah putus dengan tanggal putusan 20 Mei 2020 .

Dalam amar putusan tertera, permohonan kasasi yang diajukan terdakwa ditolak, begitu pula dengan kasasi yang diajukan jaksa penuntut umum dinyatakan ditolak dengan perbaikan.

Halaman
12
Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Sugiri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved