Antisipasi Jadi Klaster Baru di Dunia Pendidikan, Menko PMK Masih Godok KBM Saat New Normal

Menko PMK, Muhadjir Effendy, masih menggodok kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah ketika diberlakukan tatanan normal baru atau new normal.

TRIBUN JABAR / HANDHIKA RAHMAN
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIKALONGWETAN - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, masih menggodok kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah ketika diberlakukan tatanan normal baru atau new normal.

Ia mengatakan, pemerintah pusat akan mempersiapkan secara matang dan tidak akan tergesa-gesa karena fase new normal ini risikonya terlalu besar bagi anak-anak atau pelajar.

"Mohon sabar, untuk masalah kegiatan proses belajar mengajar di sekolah itu masih akan digodok lebih lanjut," ujarnya saat meninjau penyaluran bantuan sosial tunai (BST) di Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (29/5/2020).

Menurutnya, jika KBM ini terburu-buru diberlakukan, dikhawatirkan bisa menjadi klaster baru di dunia pendidikan dan sangat membahayakan anak-anak.

"Jadi ini belum ada kepastian kapan, kalau skenario-skenario sudah ada. Tapi skenarionya tentatif," kata Muhadjir.

Terkait hal ini, pihaknya juga terus menampung banyak saran dari berbagai pihak dan melihat perkembangan pandemi Covid-19 ini bisa segera teratasi atau tidak.

Pedagang Pasar Baru Indramayu Menjerit Omzet Anjlok, Momen Lebaran Lebih 50 Persen

"Pokoknya banyak saran kami tampung, nanti kamia lihat mana saran yang terbaik. Kami juga lihat sampai seberapa risiko-risikonya kalau tetap akan melaksanakan kegiatan belajar-mengajar di sekolah," ucap Muhadjir.

Tanda Pagar BoikotTVRI Menggema di Twitter, Ada Cuitan Direktur Utama tentang Miyabi

Selain itu, pihaknya juga akan menghitung betul terkait risiko-risiko dalam menerapkan KBM di sekolah saat pemberlakuan tatanan normal baru.

6 Tahun yang Lalu di Musim Juara, Persib Gebuk Persegres di Jalak Harupat Makan Konate Cetak Gol

"Kalau melaksanakan kegiatan belajar-mengajar di sekolah, kami akan hitung betul (risikonya). Kami akan wanti-wanti untuk tidak grasa-grusu," katanya. (*)

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Sugiri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved