New Normal Serta Relaksasi Ekonomi di Kota Bandung Tergantung PSBB Diperpanjang atau Tidak

New normal serta relaksasi ekonomi di Kota Bandung tergantung PSBB diperpanjang atau tidak.

TRIBUN JABAR/TIAH SM
KETUA Harian Gugus Tugas Perecepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sekertaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengaku masih menunggu arahan dari Ketua Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 terkait penerapan new normal serta relaksasi sektor ekonomi, sosial budaya, dan keagamaan.

Sebagai staf, kata Ema, pihaknya akan menyampaikan hasil rapat dan perkembangan kondisi penerapan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap ketiga.

"Tergantung pimpinan, kami sebagai staf hanya menyiapkan, kami siapkan bahannya. Masalah nanti dipakai atau tidaknya, itu kewenangan beliau (Ketua Gugus Tugas)," ujar Ema, di Balai Kota, Rabu (27/5/2020).

Rencananya, Ema bersama satuan kerja perangkat daerah (SKPD) akan melaporkan kepada Wali Kota yang juga ketua gugus tugas pada Jumat 29 Mei 2020.

Jika keputusannya PSBB diperpanjang, maka kemungkinan relaksasi di sektor ekonomi, sosial budaya dan agama akan ditunda.

"Intinya yang diutamakan kan pendekatan dimensi kesehatan, bahwa di Bandung itu curvanya naik, tapi naiknya sangat landai. Misalnya dalam dua hari ini ada naik satu orang. Kemarin 298 sekarang jadi 300, itu kan naiknya landai," katanya.

Jika curva penyebaran virus corona di Kota Bandung sudah datar, kata Ema, artinya tidak ada penambahan kasus positif, maka bisa saja PSBB dihentikan.

"Saya harapkan data terus begini (melandai) dan segera menurun. Tapi kalau di Bandung istilahnya mulai terkendali. Tapi tracing (pendeteksian) harus tetap maksimal, dari rapid menuju PCR itu harus maksimal, kita kan sudah ada BSL2, itu juga harus maksimal," ucapnya.

Pemkot Bandung Sedang Kaji Penerapan New Normal

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved