Video Panduan Ibadah Idul Fitri

Lebaran Ala Rasulullah Saw, Panduan Ibadah Idul Fitri di Rumah dari Persis Jabar

Ada beberapa kaifiyat atau tuntunan Salat Id. Tentu tuntunan ini berbeda ketika kita melaksanakan Salat Id secara normal dan di saat seperti sekarang.

KH Iman Setiawan Latief

Ketua PW Persis Jabar

Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar Walillahilham. Alhamdulillah saat ini kita sudah menyongsong hari kemenangan yaitu Hari Raya Idul Fitri. Mengenai hal tersebut tentu ada beberapa sunah yang selalu dilakukan oleh Rasulillah Saw.

Kita ingin ber-Idul Fitri ala Rasulillah Saw. Pertama, bangun pagi. Kedua, disunahkan untuk mandi besar/junub, kemudian wudhu dan jangan lupa untuk melaksanakan Salat Subuh. Ketiga, kita berhias, mengenakan pakaian yang terbaik dan memakai wangi-wangian. Dengan begitu, kita menunjukkan bahwa kita dalam merayakan Idul Fitri dalam keadaan senang dan tidak bersedih hati.

Keempat yaitu mengumandangkan takbir mulai dari Subuh sampai menjelang akan melaksanakan Salat Id. Sunah lainnya yaitu kita dianjurkan untuk makan sebelum melaksanakan Salat Id. Ini untuk menunjukkan bahwa kita dilarang shaum saat Idul Fitri. Lalu, setelah itu kita melaksanakan Salat Id.

Ada beberapa kaifiyat atau tuntunan Salat Id. Tentu tuntunan ini berbeda ketika kita melaksanakan Salat Id secara normal dan di saat seperti sekarang ini ketika pandemik Covid-19 sedang tidak terkendali.

1. Dalam kondisi pandemic covid-19 tak terkendali (zona merah), Salat Idul Fitri tidak dilaksanakan di tanah lapang terbuka. Tapi bisa dilakukan di lingkungan RT setempat dan juga bersama dengan orang serumah,

2. Salat Id di lapangan terbuka adalah afdaliyah.

3. Ibadah Idul Fitri yang dilakukan selain di lapangan hukumnya sah asalkan dilakukan sesuai kaifiyat yang sudah ditentukan antara lain:

a. Diawali dengan takbiran.

Halaman
12
Penulis: Oktora Veriawan
Editor: Oktora Veriawan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved