Kelabui Petugas RS, Tahanan Positif Covid-19 Kabur, Sembunyi di Plafon

Pria berinisial MN (22) yang menjadi tahanan Polresta Jayapura yang dinyatakan positif Covid-19 kabur dari ruang isolasi.

Tribun Jabar/Eki Yulianto
ILUSTRASI 

TRIBUNJABAR.ID, JAYAPURA - Pria berinisial MN (22) yang menjadi tahanan Polresta Jayapura yang dinyatakan positif Covid-19 kabur dari ruang isolasi Rumah Sakit Marthen Indey, Jayapura, Rabu (20/5/2020).

Dia mengelabui petugas di rumah sakit. Beruntung, pasien positif itu ditangkap keesokanharinya.

"Pelaku ditangkap tanpa perlawanan di salah satu asrama yang berada di sekitar wilayah Jayapura," kata Kapolresta Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas, melalui keterangan tertulis, Kamis (21/5/2020).

Gustav mengatakan, setelah mendapatkan laporan dari rumah sakit, Polres Jayapura langsung mengejar tahanan positif Covid-19 itu.

Polisi pun mendapatkan informasi pasien itu bersembunyi di satu asrama di Jayapura. Polisi yang tiba di lokasi membujuk pasien tersebut agar mau kembali ke ruang isolasi.

Video penangkapan pasien positif Covid-19 itu sempat beredar di media sosial dan aplikasi pesan instan. Dalam video itu terlihat, MN bersembunyi di plafon sebuah asrama.

Polisi terlihat meminta pasien positif itu turun. Tak lama bernegosiasi, MN turun tanpa paksaan.

"Pelaku berhasil kami tangkap dalam waktu kurang dari 1x24 jam," kata Gustaf.

Dijaga ketat Setelah ditangkap, pasien positif Covid-19 itu kembali menjalani perawatan di ruang isolasi.

Gustav memerintahkan tahanan positif itu diborgol agar tak kabur lagi. Ia pun akan mengevaluasi pengamanan tahanan positif Covid-19 di rumah sakit setelah insiden tahanan kabur itu.

Wali Kota Pura-pura Mati Setelah Ketahuan Langgar Aturan Pencegahan Viru Corona

“Saya sudah perintahkan untuk MN diborgol. Untuk pengawasan tentunya kami akan evaluasi ulang dan kami akan mengkaji semua, mulai dari petugas jaga, termaksud dengan kondisi tahanan apakah kami akan borgol atau tidak dan saat ini kami masih berkoordinasi dengan medis untuk kelancaran penanganan tenaga medis nantinya,” kata Gustav.

Driver Ojol yang Kejar-kejar Baim Wong Minta Maaf, Ini Faktanya

Sebanyak 43 dari 90 tahanan Polresta Jayapura dinyatakan positif Covid-19 hingga Rabu (20/5/2020). Sementara itu, sebanyak 215 kasus positif Covid-19 tercatat di Kota Jayapura hingga Jumat (22/5/2020).(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tahanan Positif Covid-19 Kabur dari RS, Ditangkap Saat Sembunyi di Plafon Sebuah Asrama"

Editor: Sugiri
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved