Habib Bahar bin Smith Tanpa Kabar dari Nusakambangan, Kuasa Hukum Sebut Seperti Penculikan

Kuasa hukum menyebut pemindahan Habib Bahar bin Smith ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Batu, Cilacap, Jawa Tengah, seperti kasus penculikan.

Tribun Jabar/Daniel Andreand Damanik
Habib Bahar bin Smith dipindah dari tahanan Mapolda Jabar ke Lapas Pondok Rajeg, Kabupaten Bogor, Kamis (8/8/2019). Kini, dia dipindah ke Nusakambangan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kuasa hukum menyebut pemindahan Habib Bahar bin Smith ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Batu, Cilacap, Jawa Tengah, seperti kasus penculikan.

Tanpa kabar atau pemberitahuan kepada keluarga dan tim kuasa hukum itu diungkapkan oleh kuasa hukum Bahar bin Smith, Aziz Yanuar.

"Sejak dibawa sampai sekarang gelap kabarnya, mirip penculikan. Administrasi hukumnya juga maladministrasi, kacau semua, otoriter, abuse of power dan super diskriminatif," ujar Aziz Yanuar saat dikonfirmasi Tribun melalui ponselnya, Jumat (22/5/2020).

Menurutnya, jika melihat surat yang diperoleh pihaknya jelas tertera poin nomor lima, merujuk pada pasal 53 ayat (2) PP Nomor 31 tahun 1999 tentang Pembinaan dan Pendampingan Keluarga Binaan Kemasyarakatan.

"Kalapas wajib memberitahu keluarga napi satu hari sebelum pemindahan. Faktanya baru dikirim tanggal 20 dan diterima keluarga resmi tanggal 21 Mei pukul 01.00 WIB," katanya.

Dia mengatakan, pihaknya bahkan telah menyiapkan surat tertuju kepada ketua Komisi III DPR RI. Surat itu berisi laporan diskriminasi hukum terhadap kliennya tersebut.

Castillion Ceritakan Bisa Nyasar ke Persib Bandung kepada Media Belanda, Tim Pertama di Luar Eropa

Ini Posisi Persib Bandung di Klasemen Tandang di Era Liga 1, Kalah dari Persija Jakarta

Ketua MPR Terkejut Pemenang Lelang Sepeda Motor Jokowi Ternyata Buruh: Hadapi dengan Senyuman

"Tapi masih tutup gedung DPR-nya. Belum bisa kami kirim," katanya.

Pihaknya menyampaikan kekecewaan perihal hingga kini belum mengetahui informasi atau kabar Bahar di Nusakambangan.

Bahkan, keluarga pun tak diberitahukan sama sekali.

Ada Satu Pemain Persib Bandung di Daftar Penampilan Terbanyak Per Posisi di Era Liga 1

Habib Bahar bin Smith dimasukkan penjara lag karena dinilai memberikan ceramah yang provokatif dan menyebarkan rasa permusuhan dan kebencian kepada pemerintah. Hal itu terjadi pada 16 Mei 2020 tau sehari setelah dia dibebaskan.

Dia juga dinilai melanggar aturan pembatasan sosial berskala besar (PSB)B dalam kondisi darurat Covid-19 Indonesia. Dia dianggap mengumpulkan massa atau orang banyak saat ceramah.

IPO Nilai Pilkada Serentak 2020 Bisa Dilangsungkan dengan Catatan, Ditunda Terlalu Riskan

Maka, asimilasi Bahar bin Smith pun dicabut dan kembali dibawa ke lapas untuk menjalankan masa pemidanaan atas hukuman tiga tahun penjara karena menganiaya anak-anak. Atas kasus penganiayaan itu, dia divonid tiga tahun penjara. (*)

Penulis: Ery Chandra
Editor: Sugiri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved