Di Kota Sukabumi Ziarah Kubur di Hari Raya Diizinkan, Ini Aturan yang Harus Dijalankan

Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi memperbolehkan masyarakat berziarah kubur saat Hari Raya Idulfitri 1441 H. Namun hanya untuk 25 orang per 15 menit.

net
ILUSTRASI 

Laporan Kontributor Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi memperbolehkan masyarakat berziarah kubur saat Hari Raya Idulfitri 1441 H. Namun hanya untuk 25 orang per 15 menit.

Kepala Unit Pelayanan Teknis  (UPT) Pemakaman Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi, Cecep Sudarma, menjelaskan diizinkannya ziarah kubur tersebut setelah status Kota Sukabumi masuk kedalam level dua atau zona biru.

"Sebelumnya kan Wali Kota mengimbau warga untuk tidak melakukan ziarah pada saat Lebaran nanti, namun setelah diadakan rapat akhir, diperbolehkan," katanya saat dihubungi, Jumat (22/5/2020).

Namun, lanjut dia, masyarakat yang akan melakukan ziarah harus mematuhi beberapa aturan. Di antaranya, pembatasan jumlah pengunjung dan batasan waktu selama berada di kawasan pemakaman.

Pasien Covid-19 Pertama Sumedang Sembuh Setelah Dirawat 60 Hari, Minta Masyarakat Tidak Bandel

"Ziarah kubur di kalangan masyarakat telah menjadi tradisi setiap Lebaran. Maka dari itu, kami telah merekomendasikan bebepapa aturan terkait pelaksanaan ziarah kubur," tuturnya

Menurutnya, dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dibatasi jumlah pengunjung di lingkungan pemaknaan dan waktu ziarah.

Wali Kota Pura-pura Mati Setelah Ketahuan Langgar Aturan Pencegahan Viru Corona

"Jadi selama melakukan ziarah nanti, para peziarah diatur, sekali masuk sebanyak 25 orang dan waktunya 15 menit. Ada pun yang lainnya, menunggu di luar lingkungan kompleks pemakaman," katanya.

Kelabui Petugas RS, Tahanan Positif Covid-19 Kabur, Sembunyi di Plafon

Dia menambahkan, setiap petugas di semua TPU yang ada di Kota Sukabumi akan menjaga dan mengimbau terkait peraturan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (*)

Penulis: Fauzi Noviandi
Editor: Sugiri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved