Banyak yang Tidak Mudik, Penitipan Kucing Sepi Orderan Jelang Lebaran

TIDAK seperti biasanya, Pondok Kucing, tempat penitipan kucing di Punclut, Lebaran kali ini sepi. Penurunan ini karena banyak warga yang tidak mudik.

Istimewa
KANDANG KUCING - Kandang di tempat penitipan kucing di Pondok Kucing, Punclut. Foto ini hasil jepretan peiliknya, Selasa (19/5/2020). 

TRIBUNJABAR.ID - TIDAK seperti biasanya, Pondok Kucing, tempat penitipan kucing di Punclut, Lebaran kali ini sepi. Penurunan ini karena banyak warga yang tidak mudik.

Padahal, pada tahun sebelumnya, Pondok Kucing bisa menerima 100 ekor kucing yang dititipkan di sini.

"Sekarang belasan. Dan itu penitipan untuk bulanan. Turunnya mencapai 90 persen," kata Arist (35) atau biasa disapa Marist melalui WhatsApp, Selasa (19/5/2020).

Menurutnya, sebetulnya, sebelum Ramadan sudah banyak yang mem-booking tempat untuk menitipkan kucingnya. Namun, kata Arist, mereka membatalkannya.

"Alasannya semuanya hampir sama yakni mereka tidak mudik. Yang biasa langganan tiap tahun juga begitu," kata Arist.

Arist bahkan tidak menaikkan tarif cat room yang disediakan. Dia tetap untuk penitian satu ekor kucing tarifnya Rp 20.000.

"Biasanya kalau Lebaran tarifnya dinaikkan Rp 25.000. Tapi, berdasarkan kesepakatan, kami tetapkan tarifnya tetap," kata Arist.

Pondok Kucing, kata Arist, menerima jenis kucing ras atau domestik biasa. Untuk Lebaran, menurutnya, Pondok Kucing biasanya hanya menerima kucing sehat karena jumlahnya banyak.

Hal sama dirasakan Nia (35). Pemilik Allamand Cattery di Taman Kopo Indah ini, mengaku sama sekali tidak ada orang yang menitipkan kucing kepadanya. Mungkin ini, katanya karena efek pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Tak hanya pada penitipan jasa kucing, menurut Nia, kondisi yang sama dirasakan pada jasa adopsi kucing. Sejak pandemi Covid19 ini, katanya, ikut merosot.

"Meskipun ada yang booking untuk adopsi kucing, mereka hanya memberi DP (uang muka) karena kucing tidak bisa diantar sebelum PSBB berakhir(terutama luar kota)," kata Nia saat dihubungi Tribun melalui WhatsApp, Selasa (19/5/2020).

Tiara (25), pemilik Happy Cat House, menyebut jasa penitipan kucing miliknya pun mengalami penurunan orderan. Penurunan pelanggan, katanya sangat drastis, apalagi pada Lebaran.

"Biasanya untuk awal Ramadan saja itu sudah banyak yang booking. Dalam kondisi sekarang ini kurang dari H-7 Lebaran kandang masih banyak yang kosong," kata Tiara.

Biasanya, menurut Tiara, jasa penitipan kucing di Jalan Palem, ini selalu penuh untuk saat Lebaran, bahkan ada beberapa yang harus bawa kandang tambahan sendiri.

"Kalau dipersentasikan dari perbandingan Lebaran tahun sebelumnya mungkin turun sekitar 95 persen, yang ada di penitipan sekarang juga beberapa pelanggan yang sudah masuk sebelum masa covid jadi diperpanjang sampai Idulfitri," katanya. (januar ph)

Editor: Januar Pribadi Hamel
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved