Pemkab Garut Salurkan Bantuan Bagi 17 Ribu Guru Honorer yang Terdampak Covid-19

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong, mengatakan, bantuan diberikan untuk 17.370 guru honorer.

Tribun Jabar/Firman Wijaksana
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Pemkab Garut mulai mencairkan bantuan untuk guru honorer. Anggaran sebesar Rp 14,3 miliar disiapkan untuk membantu guru honorer yang terdampak Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong, mengatakan, bantuan diberikan untuk 17.370 guru honorer. Bantuan tersebut diharapkan bisa membantu kebutuhan para guru honorer.

Penerima bantuan, lanjutnya, harus masuk di data pokok pendidikan (Dapodik). Totong mengaku hal itu jadi salah satu persyaratan administrasi.

"Kalau guru tidak ada dalam Dapodik, nanti bagaimana membuat laporan pertanggungjawabannya," kata Totong saat dihubungi, Kamis (21/5/2020).

Bagi guru yang tidak masuk dalam Dapodik, bisa dialokasikan pihak sekolah dari Biaya Operasional Sekolah (BOS). Aturan penggunaan BOS untuk bisa dipakai untuk penanggulangan corona.

"Jadi tidak ada salahnya, guru honorer yang tidak tercover bantuan dari Pemkab Garut, kepala sekolah bisa mengalokasikan dari BOS," ucapnya.

Heboh Suara Dentuman Misterius di Bandung, Pekan Lalu Terjadi di Jawa Tengah, BMKG Komentar Begini

Mengenai saran dari Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (Apsi) Garut terkait penggunaan dana Baznas untuk membantu guru honorer yang tak masuk bantuan, menurutnya akan memakan proses waktu yang lama.

Alternatif yang paling cepat dengan menggunakan uang BOS.

Guru honorer yang mendapat bantuan, akan menerima uang sebesar Rp 500 ribu. Bantuan akan diberikan untuk dua bulan. "Jadi total bantuan yang akan diterima sebesar Rp 1 juta," ujarnya.

Totong mewanti-wanti agar guru honorer melapor jika ada yang melakukan potongan bantuan. Pihaknya akan melakukan tindakan tegas

Trending Topic, Video Viral Dentuman Langit Terdengar di Bandung, Seperti Suara Raksasa Lagi Jalan

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved