Kemenkop UKM Dukung Pembentukan Koperasi Alumni Unpad, Siap Payungi Pebisnis UMKM Tanah Air

Koperasi yang dibentuk para alumni Unpad ini diproyeksikan untuk memayungi para pebisnis UMKM di seluruh Tanah Air.

Istimewa
Pembentukan koperasi Alumni Unpad 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -  Alumni Unpad kini sedang menginisiasi pembentukan koperasi khusus alumni Unpad. Koperasi yang dibentuk para alumni Unpad ini diproyeksikan untuk memayungi para pebisnis UMKM di seluruh Tanah Air.

Ide yang digagas oleh Ary Zulfikar, salah satu calon Ketua Alumni Universitas Padjadjaran, mendapat sambutan positif dari pemerintah melalui  Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM).

Kemenkop UKM mengapresiasi pembentukan Koperasi Produsen Alumni Indonesia yang diharapkan mampu membangkitkan ekonomi, terutama bagi mereka yang terkena dampak Covid-19.

Gagas Aplikasi Alumni ID, Calon Ketua IKA Unpad Ini Optimis UMKM Alumni Unpad akan Makin Berkembang

Asisten Deputi Organisasi dan Badan Hukum Koperasi Deputi Bidang Kelembagaan, Kementerian Koperasi dan UKM, Christina Agustin, mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan suport  untuk mendorong semakin banyak tumbuh UMKM yang berkualitas.

Dengan demikian diharapkan akan semakin banyak produk yang akan dihasilkan yang bisa memenuhi kebutuhan untuk pasar dalam negeri dan juga mancanegara.

"Sehingga ekonomi kita yang sekarang ini terdampak Covid akan semakin cepat pulih. Mengapa, karena sektor UMKM ini menjadi pendorong dalam membangkitkan perekonomina nasional melalui produk-produk unggulan UMKM di masing-masing daerah yang menopang ekonomi lokal di daerahnya masing-masing,” kata Christina yang hadir dalam penandatanganan akta pendirian koperasi yang digagas oleh para alumni Universitas Padjadjaran, di Jakarta seperti dalam rilis yang diterima Tribun Jabar, Kamis (21/5/2020). 

Christina mengatakan bahwa koperasi bisa membantu anggotanya untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas terkait kebutuhan bahan baku, brand, pengemasan, pemasaran dan hingga jaringannya. 

Cikal bakal lahirnya koperasi Produsen  Alumni  Indonesia,  tak bisa dilepaskan dari sosok  Ary Zulfikar, calon Ketua Alumni Universitas Padjajaran.

Ary terus melakukan sosialisasi dan blusukan untuk menemukan potensi-potensi UMKM yang dilakukan kalangan alumni. Ary sendiri melihat bahwa  usaha tersebut baru sebatas membuat produk, belum ada brand, legal, dan sebagainya.

“Dari situlah maka kemudian terpikir untuk mengelola UMKM, membantu memasarkan dan networking  agar produk-produk alumni semakin tersebar luas,” jelas Ary Zulfikar.

Laboratorium Sentral Unpad Bisa Periksa Seribu Sampel Covid-19 Per Hari dalam Waktu Dekat

Ary juga kemudian menggagas lahirnya aplikais Alumni ID untuk mendata produk-produk UMKM. Di luar dugaan ternyata respons dari kalangan pelaku usaha UMKM sangat positif.

“Hanya dalam waktu  dua bulan, sudah terdata sekitar 200 produk UMKM hanya dari alumni, produk tersebut bisa dilihat di instagram alumni,” ujarnya.

Karena itu Ary mengaku sangat optimistis terbentuknya koperasi  produsen alumni Unpad ini akan menuai hasil yang positif. Alasannya,  potensi dan peluang untuk berkembang sangat besar.

"Tinggal nanti Koperasi melakukan pemilahan terhadap produk-produk yang homogen, apakah memungkinkan untuk dibuat satu merek tersendiri yang akan dikelola oleh koperasi,” kata Ary. ( (kemal setia permana)

Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved