Tak Ada Halalbihalal dan Open House di Lebaran Tahun Ini

Tak ada halalbihalal dan open house di Lebaran tahun ini di Pemkab Ciamis.

TRIBUN JABAR / ANDRI M DANI
APRESIASI GERAKAN PNS/ASN-Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya mengapresiasi gerakan PNS/ASN di Ciamis yang mengumpulkan 10% dari tunjangan tambahan penghasilan (TPP) mereka untuk keperluan percepatan penanggulangan dampak pandemic Covid-19 di Ciamis. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya kembali menegaskan bahwa pelaksanaan Salat Id di Masjid Agung Ciamis ditiadakan.

Dan pelaksanaan Salat Id masjid besar tingkat kecamatan di 27 kecamatan di Ciamis juga ditiadakan.

Penegasan tersebut diungkapkan Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya seusai rapat evaluasi penerapan PSBB menyeluruh di 27 kecamatan, Selasa (19/5/2020) sore.

Rapat evaluasi tersebut berlangsung melalui zoom cloud meeting di Aula Sekda Ciamis yang melibatkan seluruh unsur muspida (Forkopimda), SKPD, Camat, serta Kepala Desa dan Kelurahan se-Ciamis

Peniadaan Salat Id di Masjid Agung Ciamis dan masjid besar tingkat kecamatan tersebut menurut Herdiat karena khawatir adanya kesulitan dalam memantau, mengendalikan penerapan physical distancing (jaga jarak).

Sulit diterapkannya protokol kesehatan karena jemaahnya akan beragam (heterogen).

Tapi menurut Bupati Herdiat, Salat Id boleh dilaksanakan  di lapangan desa, masjid desa, dusun, maupun masjid lingkungan RT/RW untuk warga setempat, masyarakat lokal yang lebih homogen.

Itu pun harus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer. Termasuk jaga jarak pada saf salat.

Meskipun demikian ingat Bupati Herdiat, para pemudik yang baru datang diimbau tidak ikut Salat Id berjamah bersama warga.

Demikian juga ODP, OTG yang masa pemantauannya belum penuh 14 hari.

Untuk  PDP, apalagi  bagi pasien positif Covid-19 sangat tidak boleh ikut Salat Id berjamaah di masjid atau di lapangan.

Usai Salat Id tidak perlu berlanjut dengan bersalam-salaman, halalbihalal maupun reuni yang biasa marak dilaksanakan dalam suasana Lebaran dan biasanya juga mengundang kerumunan banyak orang.

Dengan rasa sedih dan perasaan yang paling dalam, Herdiat mengungkapkan Lebaran tahun ini pendopo gedung Negara Ciamis tidak mengadakan open house baik untuk pejabat maupun masyarakat umum.

“Dengan perasaan yang paling dalam kami Lebaran tahun ini tidak mengadakan open house di Pendopo. Kepada seluruh SKPD, camat, kepala desa, tokoh masyarakat, para ulama kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin,” tutur Bupati Herdiat.

Baru Saja Terjadi, Air Laut Pasang dan Naik ke Permukiman di Subang, Warga dan Pengendara Panik

Penulis: Andri M Dani
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved