Sudah 3,922 Narapidana di Jabar Dibebaskan, 10 Orang Berbuat Ulah Lagi

Kanwil ‎Kemenkum HAM Jabar sudah mengeluarkan hampir 4.000-an narapidana terkait dengan program asimilasi

ISTIMEWA
NARAPIDANA Lapas Kelas II B Kabupaten Cianjur meluapkan kegembiraan karena memperoleh kebebasan sebagai langkah pencegahan penularan virus corona, Kamis (2/4/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Kanwil ‎Kemenkum HAM Jabar sudah mengeluarkan hampir 4.000-an narapidana terkait dengan program asimilasi dan integrasi lewat Permenkum HAM Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pemberian Asimilasi dan Integrasi.

"Sampai dengan hari ini suda ada 3,922 orang yang sudah kami bebaskan," ujar Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Liberti Sitinjak, Rabu (20/5/2020)

Dari jumlah itu, kata dia, tidak banyak yang kembali berulah seperti halnya Habib Bahar bin Smith yang bebas pada Sabtu (16/5/2020) namun karena berulah, Selasa (19/5/2020) dijebloskan lagi.

"Dari total yang sudah dibebaskan, 10 orang bermasalah karena melakukan pelanggaran. Termasuk Habib Bahar," ujar Liberti.

Pembobol Kios Pakaian Ditangkap di Pasar Kanoman Cirebon, Diduga akan Beraksi Lagi

Dari 10 orang itu, rata-rata banyak yang jadi tahanan polisi karena semisal kasus pencurian dengan kekerasan hingga mabuk-mabukan.

"Dapat saya sampaikan bahwa dari 10 orang itu ada yang masih menjalani proses di kepolisian dan ada juga yang sudah kembali ke lapas," ucap dia.

Liberti berharap para narapidana yang sudah dibebaskan mendapat hak asimilasi tak melakukan perbuatan yang meresahkan masyarakat atau perbuatan pidana.

Jika sampai mengulang perbuatan lagi, petugas tak segan untuk melakukan penjemputan dan kembali memasukkannya ke dalam sel tahanan.

Ariel Noah Putuskan untuk Tak Mudik Lebaran ke Bandung, Pikirkan Soal Ibu dan Keluarganya

"Manakala itu terjadi kami akan langsung menjemput dan memasukkan kembali ke Lapas," ujar Liberti.

Sementara itu, Kadiv Pas Kanwil Kemenkum HAM Abdul Aris menambahkan, dari 10 orang yang kembali berbuat ulah, satu orang ditembak mati di Jakarta Timur.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved