Pemkot Sukabumi Siapkan Anggaran Penanganan Covid-19 Sebesar Rp 22,3 miliar

Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi telah menganggarkan sebesar Rp 22,3 miliar untuk penangan Covid-19 diwilayahnya

tribunjabar/fauzi noviandi
Sekda Kota Sukabumi, Dida Sembada, Rabu (13/5/2020). 

Laporan Kontributor Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi.

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Pemerintah Kota (Pemkot)  Sukabumi telah menganggarkan sebesar Rp 22,3 miliar untuk penangan Covid-19 diwilayahnya. Anggaran sebesar tersebut difokuskan untuk tiga sektor yaitu, Kesehatan, Ekonomi dan Kemasyarakatan.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi, saat ditemui di Balai Kota. Rabu, (20/5/2020).

"Sejauh ini yang sudah disiapkan Pemkot Sukabumi untuk penanangan Covid-19 sebesar Rp.22,3 miliar. Untuk mempertanggung jawabkan penggunaan anggaran tersebut, nanti akan di rilis melalui aplikasi covid19. kotasukabumi.go.id," katanya.

Menurutnya, melalui aplikasi tersebut, masyarakat dapat mengakses dengan mudah serta mengetahui besaran anggaran penanganan Covid-19, mulai dari penggunaan, hingga penerapan yang telah dilakukan.

"Anggaran sebesar Rp 22,3 miliar itu merupakan hasil dari pengalihan anggaran dari seluruh SKPD Kota Sukabumi tahun 2020," katanya

Sementara itu, Jubir Covid-19 Kota Sukabumi Wahyu Handriyana menjelaskan, penanganan dibidang kesehatan telah dianggarkan dari APBD Kota Sukabumi lebih kurang Rp 9 miliar.

Bundling Redmi 8A Pro, Smartfren Tawarkan Paket Kuota 41GB /Bulan

"Anggaran sebesar Rp 9 miliar disektor kesehatan itu, digunakan untuk pembelian alat kesehatan, seperti Alat Pelindung Diri (APD), dan biaya trashing, dan sosialisasi, serta yang lainnya," kata Wahyu

Ia mengungkapkan, penyerapan anggaran di bidang kesehatan baru mencapai sekitar 60 sampai 70 persen. Kemungkinan tidak akan terserap semuanya, karena ada beberapa peralihan anggaran.

"Adanya sejumlah pengalihan anggaran itu, seperti rencana pembangunan Rumah Sakit darurat penanganan Covid, saat ini direncanakan akan diubah jadi penbangunan ruang karantina bagi ODP dan orang dalam perjalanan," katanya.

Orang Sembuh dari Virus Corona di Garut Capai 60 Persen, Total Ada 3.372 Kasus Covid-19

Penulis: Fauzi Noviandi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved