Habib Bahar Masuk Penjara Lagi

Kabar Terkini Habib Bahar Bin Smith dari Penjara Nuskambangan, Dua Pekan Tak Bisa Dijenguk Keluarga

Habib Bahar bin Smith sudah mendekam di Lapas Batu Nusakambangan. Hingga kini keluarga belum bisa berkomunikasi dengan Habib Bahar.

istimewa
Ilustrasi - Habib Bahar bin Smith sudah mendekam di Lapas Batu Nusakambangan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Meski Habib Bahar bin Smith (36) telah berada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Batu, Cilacap, Jawa Tengah keluarga dan tim kuasa hukumnya belum saling berkomunikasi hingga kini.

Kuasa hukum Bahar, Aziz Yanuar mengatakan baik keluarga maupun mereka belum mengetahui secara pasti kondisi kliennya tersebut hingga malam hari ini.

Istri Habib Bahar Curhat ke Fadli Zon, Tak Diizinkan Ketemu Suami, Kini Dijauhkan ke Nusakambangan

"Belum bisa komunikasi. Biasanya kalau sejauh pengalaman saya di sana ada paling dua pekan tidak bisa dijenguk. Apalagi saat ini lagi wabah virus corona," ujar Aziz saat dikonfirmasi Tribun melalui ponselnya, di Kota Bandung, Rabu (20/5/2020), malam.

Dia bilang pihaknya berharap agar Habib Bahar bin Smith agar bisa tetap dilaksanakan asimilasi sebagaimana mestinya.

Sementara itu, asimilasi merupakan proses pembinaan narapidana dan anak yang dilaksanakan dengan membaurkan narapidana dan anak dalam kehidupan masyarakat.

Merujuk, permenkumham Nomor 3 Tahun 2018 yaitu tentang Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tentang syarat dan tata cara pemberian remisi, asimilasi, cuti mengunjungi keluarga, pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas, dan cuti bersyarat.

Bahar dinilai memberikan ceramah yang provokatif dan menyebarkan rasa permusuhan dan kebencian. Yakni, pada tanggal 16 Mei 2020 di pondok pesantrennya.

Lagi Asyik Memancing di Sungai Cijolang Ciamis, Nono Hanyut Terseret Air Bah

Lalu, dinilai melanggar aturan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB dalam kondisi darurat Covid-19 Indonesia. Yakni mengumpulkan massa atau orang banyak saat ceramah.

Maka, asimilasi Habib Bahar bin Smith pun dicabut dan kembali dibawa ke lapas untuk menjalankan masa pemidanaan atas hukuman tiga tahun penjara, karena dinilai menganiaya anak-anak.

Penulis: Ery Chandra
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved