Dampak Virus Corona di Perbankan

Pertumbuhan Kredit BPR di Jabar Menurun

profil risiko kredit perbankan di Jabar masih terjaga pada level yang terkendali dengan rasio kredit bermasalah tercatat 3,03 persen

Pertumbuhan Kredit BPR di Jabar Menurun
Istimewa
Triana Gunawan, Kepala Kantor OJK Regional 2 Jabar

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Wabah corona virus atau Covid-19 berdampak pada sektor perbankan tak terkecuali bank perkreditan rakyat (BPR) konvensional maupun syariah. Bahkan Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 2 Jawa Barat mencatat, pertumbuhan kredit BPR/S yang berkantor pusat di Jawa Barat mengalami minus 1,5 persen (-1,5%) month to month (mtm).

Kepala Kantor OJK Regional 2 Jawa Barat, Triana Gunawan mengatakan, terhitung pada masa pandemik Covid-19 di Indonesia, kredit bank umum yang berkantor pusat di Jawa Barat masih tumbuh positif yakni 0,9 persen (mtm) dari Maret hingga April 2020.

Sama halnya dengan kredit, dalam dua bulan terakhir dana pihak ketiga (DPK) bank umum yang berkantor pusat di Jawa Barat masih tumbuh 0,4 persen (mtm).

"Namun untuk BPR berkantor pusat di Jawa Barat untuk kredit turun atau minus 0, 7 persen, sedangkan DPK BPR maupun BPRS berkantor pusat di Jawa Barat turun atau minus 1, 5 persen," katanya pada diskusi Perkembangan Industri Keuangan di Jabar Triwulan I/2020 bersama OJK Jabar dan Ekonom Unpas Acuviarta Kartabi melalui webinar di Bandung, Selasa (19/5).

Menurutnya, untuk DPK di Jawa Barat didominasi oleh tabungan 43,7 persen, deposito 37,4 persen, dan giro 18,9 persen. Sedangkan profil risiko kredit perbankan di Jawa Barat masih terjaga pada level yang terkendali dengan rasio non performing loan (NPL) alias kredit bermasalah tercatat sebesar 3,03 persen.

"Kondisi ini didukung dengan adanya kebijakan restrukturisasi kredit yang dimulai sejak Maret sehingga tidak membebani resiko kredit dan permodalan bank mengingat kredit yang direstrukturisasi dikategorikan lancar," katanya.

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Adityas Annas Azhari
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved