Mulai Push Up hingga Menyapu Jalan, Sanksi Sosial untuk Pelanggar PSBB Tahap 3 di Kota Bandung

Pemkot Bandung bakal memberikan sanksi sosial kepada pelanggar pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap

Tribunjabar.id/Deni Denaswara
TERSENDAT : Petugas Kepolisian, Sat Pol PP, dan Dinas Perhubungan memeriksa kendaraan motor dan mobil yang melintas di perbatasan Kota Cimahi dan Kota Bandung di Jalan Raya Rajawali Timur, Bandung, Sabtu (2/5). Terbatasnya tempat dan petugas yang memeriksa menyebabkan kemacetan di wilayah sana. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemkot Bandung bakal memberikan sanksi sosial kepada pelanggar pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap ketiga.

Kepala Bagian Hukum Pemkot Bandung, Bambang Suhari mengatakan, selain teguran dan peringatan, pada PSBB kali ini bakal diterapkan sanksi sosial bagi pelanggar.

"Seperti di kabupaten lain, ada yang push up, kerja bakti, bebersih lingkungan, membersihkan dan menyapu jalan," ujar Bambang, di Balai Kota Bandung, Selasa (19/5/2020).

Selain itu, Pemkot Bandung juga bakal terus meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19. Pasalnya, kini aktivitas masyarakat di wilayah Kota Bandung nampak semakin meningkat.

Selama Pandemi Covid-19 Angka Kehamilan di Kota Sukabumi Menurun, Ini Salah Satu Alasannya

Wali Kota Bandung Oded M Danial, menambahkan dalam PSBB tahap ketiga ini, bakal tetap menggunakan Peraturan Wali Kota Bandung (Perwali) Nomor 21 Tahun 2020 yang sebelumnya digunakan juga saat PSBB tingkat Jawa Barat.

Menurutnya kini langkah yang ditempuh oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung yakni terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang adanya Perwali tersebut.

"Tetap sesuai Perwali yang ada yang kita pakai, yang namanya sosialisasi harus tetap dilakukan selama PSBB masih diterapkan," ujar Oded.

Perawat di Surabaya yang Meninggal Karena Corona Sebenarnya Tak Berdekatan dengan Pasien Covid-19

Pemkot Bandung bakal memperpanjang masa PSBB hingga 29 Mei 2020 setelah berakhirnya masa PSBB Jawa Barat. PSBB secara maksimal bakal diterapkan karena seluruh kecamatan di Kota Bandung masih memiliki risiko tinggi penyebaran Covid-19.

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved