MUI Jabar Ingatkan Masyarakat Agar Patuhi Imbauan Pemerintah, Salat Idulfitri di Rumah Saja

Ketua MUI Jabar mengajak masyarakat untuk dapat mematuhi aturan pemerintah dengan melakukan physical distancing.

Tribun Jabar/Ferry Fadhlurrahman
Ketua MUI Jabar, Rahmat Syafei. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, Rachmat Syafe'i, mengajak masyarakat untuk dapat mematuhi aturan pemerintah dengan melakukan physical distancing, termasuk melaksanakan salat Idulfitri tahun ini di rumah guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Sebaiknya di rumah saja. Mengapa kami katakan sebaiknya di rumah saja, karena wabah ini belum selesai, dan pemerintah masih berupaya untuk menyelesaikan ini," ujar Rachmat Syafe'i di Kantor MUI Jabar, Jalan Ciliwung, Kota Bandung, Selasa (19/5/2020).

Rachmat pun menjelaskan, menggelar salat Idulfitri di rumah masing-masing merupakan salah satu upaya menghindarkan diri dari sebuah kesulitan atau masalah dari sesuatu yang sedang terjadi saat ini.

Terlebih, menolak sesuatu yang akan berdampak pada munculnya sebuah masalah pun termasuk salah satu hal yang dianjurkan oleh agama.

"Oleh karenanya, kami tidak akan pernah bosan mengingatkan masyarakat untuk menaati aturan pemerintah dan melaksanakan protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah. Sebab bila upaya pencegahan tidak dilaksanakan kemungkinan besar itu akan mempercepat atau tidak mengurangi corona itu sendiri," ucapnya.

Habib Bahar bin Smith Masuk Lapas Lagi, Sebelumnya Sudah Diingatkan Lewat Telepon

Selain itu, Rachmat pun mengingatkan dan mengajak kepada masyarakat untuk merayakan Idulfitri secara sederhana. Sebab, meski secara sederhana tidak mengurangi nilai dan makna dari tradisi Lebaran.

"Kami imbau kepada masyarakat agar dalam merayakan Idulfitri ini dilakukan secara sederhana, khusyuk dan penuh syukur, serta melakukan muhasabah (introspeksi) dengan tidak mengurangi syiar Idulfitri itu sendiri," katanya.

Ariel Tatum Sudah Berdamai dengan Komentar Negatif, Pernah Hapus Satu Per Satu di Instagram

Komentar Rachmat terkait berita warga di RW 05 dan 07 Kecamatan Bojongloa Kidul akan tetap salat di masjid dan lapangan. Meski, kemudian camatnya membantah pertanyaan sekretaris camat. (*)

Penulis: Cipta Permana
Editor: Sugiri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved