PSBB di Bandung Raya

Mall di Bandung Belum Boleh Buka, Pasar Modern Boleh Buka sampai Pukul 20:00 WIB

"Contoh lain, di Kota Bandung sudah mau melakukan relaksasi terkait perdagangan ini, per tanggal 22 Mei mall mau dibuka."

Tribunjabar.id/Mega Nugraha
Kapolsek Sumur Bandung Kompol Ari Purwantono saat menyambangi bioskop CGV di Mall BEC, Jalan Purnawarman Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Arifin Soedjayana, mengatakan akan mengetatkan kembali protokol kesehatan Covid-19 di pasar tradisional dan pasar modern di Jawa Barat untuk mencegah penularan baru virus corona tersebut di pusat perniagaan.

"Protokol kesehatan untuk di pasar tradisional dan juga di pasar modern, dari sejak awal kita sudah melayangkan surat kepada para pelaku perdagangan ini untuk mereka melakukan protokol penanganan Covidm-19."

"Kita malah lebih dulu dari kementerian soal ini," kata Arifin di Gedung Sate, Selasa (19/5).

Pemberlakuan protokol kesehatan tersebut, katanya, dikoordinasikan dengan dinas terkait di kabupaten dan kota, juga melalui asosiasi, baik itu Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) maupun juga Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), juga pelaku usaha di pusat-pusat perdagangan.

"Kami punya grup komunikasi yang kemudian bisa memantau kondisi di lapangan."

"Makanya sangat gampang kami punya informasi yang viral-viral, terkait kalau di satu pasar atau pusat perbelanjaan itu terjadi kerumunan dan terjadi banyak kunjungan," katanya.

Setelah diketahui dengan cepat, hal tersebut dilaporkan kepada gugus tugas penanganan Covid-19 di setiap kabupaten dan kotanya untuk kemudian ditindaklanjuti dan diatur kunjungan pelanggannya.

"Contoh lain, di Kota Bandung sudah mau melakukan relaksasi terkait perdagangan ini, per tanggal 22 Mei mall mau dibuka."

"Tapi itu kemudian dirapatkan oleh gugus tugas Kota Bandung dan mereka menyimpulkan tidak akan dibuka, jadi sampai dengan perpanjangan tanggal 29 Mei," katanya.

Pengaturan-pengaturan berikutnya yang tetap diberlakukan adalah untuk pasar modern masih tetap beroperasi jam 08.00 sampai dengan jam 20.00 di kawasan perkotaan, dan kawasan lainnya sampai jam 18.00.

Hal tersebut disesuaikan gugus tugas di daerah masing-masing.

Di bidang perindustrian, katanya, di Jawa Barat ada 5.800 industri yang tetap beroperasi selama PSBB dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat dan atas izin dari pemerintah daerah maupun kementerian.

"Memang pasti ada perlambatan tapi secara keseluruhan secara umum bahwa industri Jawa Barat masih banyak yang buka dan kemudian juga aktivitas ekonominya masih tetap berjalan, hanya memang kembali lagi protokol kesehatannya harus dijaga aturan-aturannya," katanya. (Sam)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved