VIDEO BBPOM Akan Sertifikasi Pasar Tradisional di Kota Bandung, Ini Tujuannya

Pemerintah Kota Bandung bersama BBPOM Kota Bandung dalam waktu dekat berencana melakukan sertifikasi terhadap terhadap pasar tradisional.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Bandung dalam waktu dekat berencana melakukan sertifikasi terhadap pasar tradisional.

Hal tersebut dilakukan guna memastikan pasar tradisional di Kota Bandung terjamin tidak menjual barang-barang yang berbahaya.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, mengatakan saat ini bahan pangan yang beredar di Kota Bandung 97 persen dipasok dari luar wilayah. Maka dari itu, kata dia, perlu sertifikasi untuk meyakinkan bahan yang dijual itu aman untuk dikonsumsi.

"Tentunya itu perlu label dari instansi yang berwenang. Saya pikir BBPOM itu instansi yang berwenang mengeluarkan label itu, sertifikasi itu," ujar Yana di Balai Kota Bandung, Senin (18/5/2020).

Sebelumnya, kata dia, Pemkot Bandung sudah menerapkan sidak dan pembinaan terhadap pedagang-pedagang yang dinaungi Pemkot Bandung.

"Alhamdulillah selama ini teman-teman pedagang sudah berkomitmen bahwa mereka tidak akan mengurangi timbangan, dan tidak menjual barang yang tidak layak," katanya.

Kepala BBPOM Bandung, Hardianingsih, menambahkan, sejumlah bahan baku pangan biasanya dijual di pasar tradisional. Sehingga, untuk menyiapkan makanan olahan, bahan bakunya tidak boleh mengandung unsur berbahaya.

Pelaku Perundungan kepada Anak Penjual Jalangkote Dikaitkan dengan PT PLN, Begini Klarifikasinya

"Tentunya dari bahan baku mereka harus menjual bahan yang aman, tidak mengandung bahan berbahaya, contohnya formalin, boraks, pewarna tekstil," ujar Hardianingsih.

Selain itu, pihaknya bersama Pemkot Bandung pun akan terus mengedukasi para pedagang di pasar agar tidak menjual bahan yang mengandung unsur berbahaya.

Video Viral, Perawat Hamil Empat Bulan Positif Covid-19 Meninggal Dunia

"Itu harus kami edukasi, bahwa mereka tidak boleh menjual bahan itu. Tentunya dengan penegakan supaya mereka juga mematuhi, kalau mereka konsisten, ini peran kepala pasarnya bakal menjadi penting," katanya. (*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul BBPOM Akan Sertifiksi Pasar Tradisional di Kota Bandung, Ini Tujuannya, https://jabar.tribunnews.com/2020/05/18/bbpom-akan-sertifiksi-pasar-tradisional-di-kota-bandung-ini-tujuannya.
Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Sugiri
Video Editor: Wahyudi Utomo

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved