Virus Corona di Jabar

4 Petugas Puskesmas Tamansari yang Terpapar Covid-19 Sebelumnya Layani Warga yang Ternyata Positif

Empat petugas Puskesmas Tamansari yang positif corona sebelumnya layani warga yang ternyata positif.

Tribun Jabar/Firman Suryaman
Sebuah mobil melintas di depan Puskesmas Tamansari, Jalan Tamansari, Kota Tasikmalaya, yang mulai ditutup, Senin (18/5/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Empat petugas Puskesmas Tamansari, Kota Tasikmalaya, yang terpapar Covid-19, berawal dari kedatangan seorang warga yang hendak berobat.

"Awalnya ada warga yang berobat dan kemudian menjalani pemeriksaan. Warga tersebut belakangan menjalani tes lab dan hasilnya positif Covid-19," kata Sekda Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan di Bale Kota, Senin (18/5).

Karena diketahui positif, sejumlah petugas yang pernah berinteraksi dengan warga tersebut menjalani rapid test dan hasilnya empat orang reaktif alias positif.

"Ke empat karyawan Puskesmas itu melayani seperti biasa karena memang belum diketahui warga itu positif. Ini harus jadi pembelajaran, tetap waspada saat melayani pasien," ujar Sekda.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat, menambahkan, pihaknya melakukan tracing, menelusuri dengan siapa saja ke empat karyawan tersebut berinteraksi.

"Ini kasus transmisi lokal pertama yang terjadi di Kota Tasikmalaya. Kasus positif sebelumnya rata-rata terpapar dari zona merah di luar daerah," ujar Uus.

Warga positif Covid-19 yang menjadi carrier terhadap empat petugas Puskesmas Tamansari, juga saat ini sedang menjalani perawatan intensif di ruang isolasi rumah sakit swasta.

Dia mengingatkan seluruh jajaran petugas puskesmas untuk waspada dan melakukan prosedur Covid-19 saat melayani warga yang datang berobat.

"Minimal mengenakan masker serta sarung tangan agar tidak terjadi kontak dengan warga yang datang berobat," kata Uus.

Spoiler! Adegan di Ranjang Willy dan Intan Penjaga Warung Nasi Preman Pensiun 4, Menikah atau Mimpi?

Penulis: Firman Suryaman
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved