VIDEO Kualitas Beras Bantuan Warga di Jabar Buruk, Dedi Mulyadi Minta Bulog Selektif Berikan Beras

Sejumlah beras bantuan dari Kemensos yang disalurkan oleh Bulog untuk kabupaten di Jawa Barat berkualitas buruk

Laporan wartawan Tribun Jabar, Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Sejumlah beras bantuan dari Kemensos yang disalurkan oleh Bulog untuk kabupaten di Jawa Barat berkualitas buruk dan tak layak dikonsumsi. Pemkab Purwakarta dan Pemkab Karawang pun mengembalikan beras tersebut.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari dapil Purwakarta-Karawang-Bekasi, Dedi Mulyadi yang menemukan beras berkualitas buruk itu menyayangkan hal itu bisa terjadi.

"Kan ini beras yang dibeli oleh uang negara, ya uang rakyat juga, artinya tidak gratis. Kalau mau berikan ke rakyat, ya harus beras yang bagus dong," kata Dedi, sambil menunjukkan sampel beras yang dikembalikan Dinsos Purwakarta di Gudang Bulog Purwakarta, Minggu (17/5/2020).

Untuk memastikan kualitas beras layak konsumsi, Dedi meminta Bulog meningkatkan proses quality control (QC) beras sebelum didistribusikan ke masyarakat.

"Pemeriksaannya harus karung-perkarung. Ini untuk menjaga kualitas beras agar tetap sesuai ketentuan dan layak konsumi. Jangan sampai masyarakat diributkan oleh kualitas beras yang akan mereka makan," kata Dedi.

7 Air Terjun Panas Keajaiban Sukasirna, Debit Air Panas Terbesar di Cianjur Belum Banyak yang Tahu

Beras Bulog berkualitas buruk untuk warga
Beras Bulog berkualitas buruk untuk warga (istimewa)

Menurut mantan Bupati Purwakarta itu dalam setiap pengadaan beras yang dilakukannya, Bulog hendaknya tetap mengikuti prosedur ketat sesuai standar pengelolaan bahan pangan.

Pengawasan mutu beras hendaknya tidak hanya dilakukan saat beras masuk ke Bulog. Tapi beras yang sudah tersimpan di dalam gudang juga terus dirawat dengan cara standar pengawasan mutu.

"Dulu, sebelum dikeluarkan, beras diperiksa setiap karungnya dengan cara dicolok dengan pipa besi untuk memastikan kondisi beras," kata Dedi.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved