Berdayakan UKM Dalam Negeri Melalui Paket Lebaran Fudiki

Forum UKM Digital Kreatif Indonesia (Fudiki) meluncurkan program "Bukan Cinta yang Kita Butuhkan Tetapi Beli".

TRIBUN JABAR/KEMAL SETIA PERMANA
Ketua Umum Forum UKM Digital Kreatif Indonesia (Fudiki), Tjahjo Ruruh Djatmiko (berdiri) memperlihatkan boneka wayang yang perkembangannya terancam punah jika tidak dikemas secara menarik bagi generasi milenial, dalam Forum Group Discussion :Peran Strategis Ekonomi Rakyat Milenial Fudiki di Kantor Kadin Jabar, Jalan Sukabumi, Selasa (22/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Forum UKM Digital Kreatif Indonesia ( Fudiki) meluncurkan program "Bukan Cinta yang Kita Butuhkan Tetapi Beli".

Program ini bertujuan untuk memakmurkan produk-produk dalam negeri agar tetap diminati dan dibeli masyarakat, terlebih di tengah masa pendemi Covid-19 ini.

Ketua Umum Fudiki, Tjahjo Ruruh Djatmiko, mengatakan bahwa program yang diluncurkan Fudiki ini memiliki harapan bahwa masyarakat Indonesia mau membeli produk rakyat usaha kecil menengah (UKM) dan bukan hanya sekedar cinta produk Indonesia.

"Program ini ingin menegaskan bahwa masyarakat jangan hanya mengaku cinta produk Indonesia tetapi tidak membeli produk UKM rakyat dan malah tetap menggunakan atau membeli produk luar,"ujar Tjahjo kepada Tribunjabar.id, Minggu (17/5/2020).

Menurut Tjahjo, di era Lebaran di masa pamdemi korona saat ini, masyarakat tidak diperbolehkan mudik sesuai protokol yang diterapkan pemerintah.

Namun demikian Fudiki sendiri ingin mencoba hadir di tengah masyarakat dengan berbagai produk hasil kreasi dan produksi UKM berupa aneka paket produk.

"Tidak apa-apa nggak mudik, kan ada paket Fudiki. Melalui pogram ini kami ingin memberikan kemudahan kepada masyarakat yang tidak mudik untuk tetap bisa silaturahmi dengan ssnak keluarganya melalui paket Lebaran Fudiki. Sebaliknya, bagi pelaku usaha mikro, program ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk keperluan Lebaran," ujarnya.

Tjahjo menegaskan bahwa slogan Aku Cinta Indonesisa (ACI) tanpa ada praktik membeli dan menggungakan produk Indonesia, tetap tidak akan membuat UKM Indonesia berjaya di negeri sendiri.

Namun jika slogan ACI ini dibubuhi dengan aksi membeli, maka sudah pasti masyarakat mencintai produk dalam negeri.

Paket Lebaran Fudiki yang melibatkan para UKM Tanah Air ini sudah tersedia di beberapa kota melalui jaringan UKM Fudiki. Paket Lebaran ini tersedia di instagramJumashop.id, kiosputrisembakoonline (Depok), sahidapassion (Bandung), ainunkudus.id (Kudus), modin.mentari (Semarang), yuninoorhastuti, ediyuni98 (Yogyakarta), mbokedhenok (Karawang), tenunpagatansalmah (Banjarbaru), abuwalad.id (Bekasi), fauzymutiaralombok, erwinrahardi_1 (Lombok), Prosomi.alami (Indramayu), omahmbudur (Magelang), serta kedaimbakretno (Solo Raya) . (*)

Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved