Virus Corona di Jabar

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Blak-blakan Terkait Warga yang Dijamah Pasien Positif Corona, Ini Katanya

Jubir Gugus Tugas Covid-19 blak-blakan terkait warga yang dijamah pasien positif corona. Ini katanya.

Tribun Jabar/Firman Suryaman
Petugas yang dilengkapi APD menjemput warga terkonfirmasi positif Covid-19 di gang di Jalan Rumah Sakit, Kota Tasikmalaya, Jumat (15/5). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Saat proses penjemputan AR (40), warga terkonfirmasi positif Covid-19 di sebuah gang di Jalan Rumah Sakit, Kota Tasikmalaya, Jumat (15/5/2020) siang, AR sempat menjamah warga.

Menurut juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota, Uus Supangat, jamahan atau pelukan warga positif terhadap warga yang sehat tentu saja berisiko menularkan, tapi bisa juga tidak.

"Tangan AR kalau basah bisa menempel virus corona terhadap apa yang dipegangnya. Tapi kalau melihat tayangan video amatir, jamahan hanya pada jaket sejumlah warga," kata Uus, Sabtu (16/5/2020).

Idealnya jaket kedua warga tersebut harus langsung dibuka agar virus tidak menjalar.

Namun jika tangan AR kering, besar kemungkinan tidak menularkan.

"Penularan lainnya adalah melalui cairan yang keluar dari mulut, hidung atau air mata lalu menempel pada kulit orang sehat. Misal melalui bersin atau batuk yang tidak dihalangi lalu mengenai orang lain," ujar Uus.

Namun untuk menjaga hal tak diinginkan, warga yang dijamah atau dipeluk sebaiknya menjalani rapid test serta melakukan karantina mandiri seama14 hari.

"Sudah saya sampaikan kepada Ketua RT setempat agar warga yang sempat dijamah dimasukkan ke dalam daftar warga sekitar rumah AR yang akan menjalani rapid test," ujar Uus.

Seperti diketahui, sejumlah petugas Gugus Tugas Covid-19 menjemput AR karena hasil swab test terakhir ternyata ia masih positif.

Halaman
12
Penulis: Firman Suryaman
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved