Breaking News:

Bayar Zakat Bisa Transfer, Akadnya Melalui WhatsApp atau Sambungan Telepon

Di tengah pandemi Covid-19, penyaluran hingga pengumpulan zakat fitrah bisa dilakukan melalui online atau transfer, anjuran ini sesuai dengan surat ed

Tribunjabar.id/Kisdiantoro
Petugas amilin sedang menerima titipan zakat fitrah masyarakat di Masjid As Shidiq Pasirjati, Ujungberung, Kota Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Di tengah pandemi Covid-19, penyaluran hingga pengumpulan zakat fitrah bisa dilakukan melalui online atau transfer, anjuran ini sesuai dengan surat edaran Kementrian Agama (Kemenag).

Demikian dikatakan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat Arif Ramdani, saat dihubungi, Jumat (15/5/2020). Ia pun menyarankan panitia zakat fitrah di daerah masing-masing mendistribusikan zakat fitrah melalui ketua RT, guna menghindari adanya kerumunan masa.

"Menghindari kerumunan dan kontak langsung, jadi didistribusikan melalui RT-nya masing-masing, dibagikan kepada yang berhak," ujar Arif Ramdani.

Pihaknya mengaku tidak mengeluarkan aturan khusus dan ikut pada anjuran dari Baznas pusat.

Ketua DPRD Garut Tolak Rapid Test Pakai Alat Buatan Cina, Jika Hasilnya Reaktif Merk Lain Nonreaktif

"Kemudian ada fatwa MUI dan Surat Edaran Menteri Agama. Intinya bahwa pengumpulan zakat oleh para amil, mereka menghindari kontak langsung dengan para muzakki, menghindari kontak langsung sebisa mungkin, bisa via transfer online," katanya.

Untuk akad, sambung Arif, bisa dilakukan secar online melalui aplikasi percakapan WhatsApp atau sambungan telepon.

"Sebenarnya kan ketika seseorang sudah menunaikan zakat atau infak, itu sudah dicatat niatnya, ijab kabulnya bisa melalui WhatsApp dan tetap sah," ucapnya.

Sebenarnya, kata Arif, Baznas Jabar tidak sepenuhnya melakukan penampungan zakat. Biasanya, masyarakat membayar zakat fitrah melalui masjid-masjid atau lembaga terdekat.

"Sejak dulu zakat itu dikumpulkan langsung apakah di masjid-masjid kota kabupaten, karena zakat fitrah ini terbatas waktu, baik pengumpulan maupun pendistribusiannya, jadi kalau kita di Baznas jabar mengumpulkan zakat fitrah, ini akan sulit pendistribusiannya," katanya.

Di Pasar Ini dari Terasi hingga Kerupuk Pakai Zat Berbahaya, Ada 13 Jeni Makanan Nih Daftarnya

Ia pun mengajak masyarakat untuk segera membayarkan zakat fitrah ke masjid atau lembaga terdekat. Sebab, durasi waktu penyaluran dan pendistribuasian sedikit.

"Saya mengajak kaum muslimin untuk segera menunaikan zakat mal dan fitrah khususnya di bulan ramadhan ini untuk menyempurnakan ibadah puasanya, menyegerakan zakat akan bermanfaat bagi saudara-saudara yang membutuhkan," ucapnya.

Editor: Fidya Alifa Puspafirdausi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved