Virus Corona di Jabar

VIDEO Sejak Pandemi Covid-19 dan PSBB, Terminal Ciamis Seperti Mati Suri

Sejak pandemi Covid-19 dan PSBB, Terminal Ciamis seolah-olah mati suri.

Laporan wartawan Tribun Jabar Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Selama masa pandemi Covid-19 ini kondisi Terminal Ciamis seperti kata pepatah bagai kerakap tumbuh di batu. Hidup segan mati tak mau. Sepi, bagai mati suri.

“Padahal tidak ada kebijakan penutupan terminal. Terminal jadi sepi karena bus-bus baik itu AKAP maupun AKDP sudah tidak beroperasi. Jadi tidak ada bus yang masuk terminal,” ujar Kadishub Ciamis, Drs Endang Sutrisna kepada Tribun, Rabu (13/5/2020).

Beberapa minggu terakhir yang masih rutin masuk Terminal Ciamis menurut Endang hanyalah angkutan lokal seperti angkot, angdes, minibus Ciamis-Tasik, maupun minibus Ciamis-Banjar.

Itu pun hanya sekitar 30 persen dari jumlah normal.

“Hanya ada angkutan lokal yang masih beroperasi, tapi itu pun jumlahnya tidak sampai 30 persen dari jumlah normal. Banyak angkot, angdes, Elf maupun Carry tidak beroperasi karena penumpangnya juga sepi,” katanya.

Sejumlah angkutan Elf Ciamis-Bandung juga ada yang tetap beroperasi tetapi itu pun jumlahnya segelintir termasuk Elf jurusan lokal Ciamis. Ada juga angkutan bus tiga perempat yang melintas untuk trayek Tasik-Pangandaran, Tasik-Cirebon, maupun Tasik-Purwokerto.

Dengan menurun drastisnya jumlah angkutan umum yang beroperasi, menurut Endang berdampak langsung terhadap jumlah retribusi TPR yang dipungut di Terminal Ciamis.

“Normalnya TPR di Teriminal Ciamis bisa ratusan ribu rupiah per hari. Tetapi sekarang hanya puluhan ribu rupiah, itu pun kebanyakan dari angkot,” ujar Endang.

Saat kondisi terminal sepi mati suri tersebut, menurut Endang, beberapa hari terakhir dilakukan pengecatan bangunan terminal dan jalur bus. Berikut renovasi beberapa bagian terminal. Termasuk mengganti kanopi lintas bus AC .

“Ada beberapa bagian terminal yang direnovasi. Termasuk mengganti kanopi jalur lintasan bus AC. Mumpung lagi sepi, tidak ada bus yang lalu lalang. Ya, dilakukan renovasi beberapa bagian terminal,” katanya.

VIDEO-Kisah Pasien Positif Covid-19 yang Sembuh di Majalengka, Ini yang Dilakukan Selama Diisolasi

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Sejak Pandemi Covid-19 dan PSBB, Terminal Ciamis Seperti Mati Suri, https://jabar.tribunnews.com/2020/05/13/sejak-pandemi-covid-19-dan-psbb-terminal-ciamis-seperti-mati-suri.
Penulis: Andri M Dani
Editor: taufik ismail
Video Editor: Wahyudi Utomo

 

Penulis: Andri M Dani
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved